Minggu, 29 Maret 2020

Rencana Allah SWT Pasti Yang Terbaik

Kampanye Pergi ke Tanah Suci untuk Anak Muda | Marketeers ...
Marketeers
Banyaknya rencana-rencana manusia yang telah disusun sedemikian matang, tanpa diduga harus di tunda. Sehubungan dengan semakin meluasnya virus Covid-19 yang melanda belahan dunia. Namun manusia tentu jangan lelah berdoa, berjuang, tetap menjaga diri dan berada di rumah agar terhindar dari virus corona. Semoga ada keajaiban yang akan mengeluarkan kita dari bencana ini. Karena hanya Allah SWT yang mendatangkan segala bentuk musibah agar manusia selalu mawas diri dan meningkatkan nilai-nilai ketaqwaan.

Seperti halnya orang-orang yang telah memiliki niat untuk pergi ber-umroh, dan siap diberangkatkan sesuai jadwalnya, tiba-tiba harus di cancel. Siapa menyangka ternyata pemerintahan Saudi Arabia menutup sementara untuk para jemaah-nya yang akan beribadah di sana. Khususnya di Mekah dan Madinah lantaran si Covid 19 ini yang dari hari ke harinya semakin jumawa. Bukan cuma itu, bahkan ada beberapa orang jemaah umroh asal Indonesia yang sudah terlanjur disana sebelum wabah itu meluas, kini masih tertahan di Saudi karena terjebak lockdown dan tak bisa pulang.

Apa boleh di kata! Rencana Allah SWT lebih mengagetkan. Rencana besar dan bernilai pahala pun dengan niat yang pasti ikhlas karena Allah, akhirnya harus tertunda juga. Semua adalah keputusan pemerintahan Saudi Arabia yang tak bisa diganggu gugat sampai batas waktu yang belum dipastikan. Jika sudah demikian tidak ada yang perlu dipertanyakan lagi kenapa sebabnya. Tidak ada daya dan upaya dari diri manusia selain berserah diri sepenuhnya dan sabar sampai menanti saatnya tiba. Insya allah segala sesuatu atas izin-NYA pasti nyata.

Semoga dengan adanya wabah ini kita bisa lebih yakin lagi dengan takdir dariNYA. Rencana-rencana baik dan indah ke depannya pasti akan Allah wujudkan. Dambaan bagi setiap umat muslim yang ingin segera menginjakkan kaki di tanah suci sebagai tamu Allah pasti akan terlaksana. Tidak ada yang mustahil bagi Allah jika Dia berkehendak apapun bisa terjadi. Terkadang ada yang tidak direncanakan malah biasanya akan terwujud.

Apalagi rencana-rencana yang hanya sekedar jalan-jalan bersama keluarga dan teman-teman misalnya, atau rencana mudik ke kampung halaman, sekalipun segala persiapan yang sudah tersusun dengan rinci dan bahkan biaya sudah dipersiapkan dan lain sebagainya, semua itu bisa saja dengan sangat mudahnya Allah gagalkan. Walaupun secara langsung, bila dilihat secara kasat mata manusia,  bahwa karena virus-lah yang menyebabkannya berbagai perjalanan tertunda, akses kemanapun ditutup, sekolah-sekolah diliburkan, perusahaan-perusahaan jasa pariwisata sementara karyawannya dirumahkan, toko-toko dan pasar-pasar grosir penjual pakaian ditutup dan lain sebagainya. Namun di balik semua itu sesungguhnya adalah rencana Allah SWT. Kita tinggal mengambil hikmahnya.

Mari sejenak kita renungkan. Rencana baik manusia belum tentu baik menurut Allah SWT. Jadi sudah sejatinya manusia hanya menerima dengan ikhlas semua yang telah digariskan. Kembalikan semua hanya kepadaNYA. Hasbunallah wa nikmal wakil nikmal maula wanikman nasir. Cukuplah allah sebagai tempat diri kami, sebaik-baiknya pelindung dan sebaik-baiknya penolong kami.


#Day30
#Odop
#Estrilook Community


Ira Mulya








1 komentar:

Film-film yang Tunda Tayang di Tahun 2020

          Tahun 2020 adalah tahun yang sangat kelam. Dimana, wabah virus Corona tengah melanda seluruh belahan bumi. Meruntuhkan segala ben...