Minggu, 21 April 2019

Lima Fakta Menarik Tentang Kota Bandung




Bandung bukan saja terkenal dengan kota kembangnya, melainkan kota dengan segala macam hiruk pikuk yang akan kamu temui disana. Kota yang berhawa sejuk ini berada pada ketinggian 750 meter di atas permukaan laut. Dengan wilayah-wilayah yang seluruhnya hampir dikelilingi pegunungan.  Walau saat datang musim panas yang ekstrim, Bandung tidak akan mengalami rasa panas yang berlebihan, hanya berkisar di angka 21 sampai 24 derajat celsius. Artinya, walau sepanas-panasnya kota Bandung, tidak akan seperti panasnya kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Namun, Bandung sekarang tentunya banyak mengalami perubahan. Populasi penduduk yang kian meningkat dari waktu ke waktu membuat kota ini terlihat semakin padat. Penataan kota yang banyak perubahan, dengan taman-tamannya yang hijau dan asri, makin menambah keindahan tersendiri di kota Bandung ini. Bandung tetap selalu di hati, dan tak akan pernah bisa dilupakan. Apalagi yang melewati masa remaja di era tahun 90 an, tentunya akan banyak kenangan di dalamnya.
Lalu, selain itu apalagi yang kamu ketahui tentang kota Bandung?  Yuk, kita simak

.
Google

PUSAT MODE

Menjadi kota yang dinobatkan sebagai kota fashion, Bandung memang tak pernah ketinggalan zaman dalam hal ini. Berawal dari adanya industri-industri dan perusahaan garmen yang tersebar, baik dari skala kecil hingga skala besar, menjadikan Bandung memiliki pusat perbelanjaan terbesar, baik factory outlet, ataupun pasaraya grosiran yang megah, tentunya bakal menarik perhatianmu. Dengan menyuguhkan mode-mode terbaru yang lagi trend, dan  hanya dalam waktu yang singkat, mode itu akan cepat berganti lagi dengan mode selanjutnya, begitu seterusnya. Bukan hanya pakaian, tapi tas, sepatu dan banyak lagi yang lainnya akan mudah kamu dapatkan. Cibaduyut salah satunya, yang merupakan daerah pengrajin sepatu dan tas yang terbuat dari kulit. Harga- harga yang cukup murah menjadi incaran para pebisnis fashion. Dari mulai pemilik toko baju di pasar, distro, butik dan  penjual baju online. Mereka datang dari berbagai daerah, bahkan dari negeri tetangga Malaysia dan Brunei. Daya beli mereka pun bervariasi dari mulai eceran, grosiran hingga membeli dalam partai besar.

Google

KULINER

Nah teman, ini salah satu yang tak boleh kamu lewatkan jika bertandang ke Bandung. Makanan apa sih yang tidak ada di Bandung? Banyaknya jenis makanan, baik itu berupa cemilan, kudapan, makanan tradisional atau lainnya, semua banyak tersedia di sana. Para penjual di pinggiran jalan yang hanya menggunakan roda, yang terkadang jualan di pasar kaget di waktu hari libur, warung-warung sederhana, angkringan, cafe-cafe baik di pinggir jalan atau dalam sebuah Mal hingga restoran-restoran dari yang termurah sampai yang berkelas, mudah dijumpai dimana-mana. Jenis makanannya yang banyak variasi dan inovasi, membuat orang-orang yang berkunjung ke Bandung tidak akan melewatkan untuk mencicipi berbagai makanan serta oleh-oleh ciri khas Bandung yang banyak terkenal.

Google

DAERAH WISATA

Tempat wisata yang lumayan cukup banyak dan sangat mudah dijangkau, karena jarak yang tidak terlalu jauh dari kota. Biaya tiket untuk masuk ke berbagai tempat wisata pun tidak terlalu mahal.
Di bagian utara, kamu bisa melihat gunung Tangkuban Perahu, wisata ini ada keterkaitannya dengan dongeng zaman dulu yang berjudul Sangkuriang. Pemandian air panas Sari Ater yang ada di kabupaten Subang, tidak kalah menarik dengan yang lainnya. Udara yang dingin akan terasa di sana dengan banyaknya penginapan-penginapan yang tersedia. Masih di wilayah utara, ada taman hutan raya Ir. H. Juanda atau dikenal dengan Dago Pakar, dalam hutan raya botani ini terdapat ribuan jenis tanaman. Terdapat Goa-goa peninggalan zaman Belanda. Maribaya tempat wisata sejak zaman dulu, sekarang sudah mempercantik diri dengan tampilan yang lebih menarik. Terdapat taman-taman yang indah berlatar belakang pegunungan yang hijau dan udara yang sejuk, dengan wahana-wahana yang unik dan menarik.
Di bagian selatan ada Glamping Lakeside Rancabali yang ada di Ciwidey. Lokasi ini menyediakan berbagai spot yang unik. Jembatan ponton yang membelah danau, tempat makan dengan pemandangan alam yang indah dan cuacanya yang sejuk. Masih di seputar Ciwidey, akan kamu temui sebuah kawah vulkanik yang elok, karena tanahnya yang berwarna putih maka disebut kawah putih. Di wilayah bagian timur tepatnya di daerah Cicalengka ada curug Cinulang. Curug(Air terjun). Dan masih banyak tujuan wisata yang lainnya yang tersebar di wilayah Bandung.


Google

KOTA PELAJAR

Selain Kota Yogyakarta yang merupakan julukan kota pelajar, Bandung juga tak kalah dengan Yogyakarta. Banyaknya Universitas Negeri dan Universitas Swasta yang terkenal dan bergengsi, membuat para pelajar dari berbagai penjuru tanah air terus membidik kota ini untuk dijadikan tujuan untuk menuntut ilmu. ITB, UNPAD, UPI , UIN SUNAN GUNUNG JATI merupakan Universitas Negeri yang banyak diminati dari tahun ke tahunnya, sementara perguruan tinggi swasta yang terkenal. UNPAR, MARANATHA,TELKOM UNIVERSITY, UNIKOM, ITENAS dan masih banyak yang lainnya.

Google

BUDAYA

Budaya Sunda, merupakan budaya masyarakat Bandung pada umumnya dan Jawa Barat Khususnya. Yang telah melekat sejak dari dulu, dengan seni-seni yang unik dan bervariasi. Yang kental dengan tradisi turun menurun, adalah warisan nenek moyang yang harus dipertahankan. Walau kini peradaban manusia mulai menampakkan modernisasinya, semoga jangan sampai melupakan budaya leluhur, agar tidak punah ditelan zaman. Bandung sebagai kota besar yang cukup maju dan modern, masih memperlihatkan karya-karya seni tradisionalnya. Wayang golek adalah salah satu contoh seni yang masih sering ditampilkan. Seni Angklung, yaitu kesenian yang menampilkan keunikan lainnya, hingga terkenal ke Mancanegara. Alat-alat musik tradisional sunda yang terkenal lainnya adalah gamelan sunda. Gamelan sunda ini biasanya dimainkan secara bersamaan atau satu grup, karena terdiri dari beberapa alat di dalamnya, nama keseniannya adalah Degung. Degung ini pun kalau sudah dimainkan di atas panggung sangat enak didengar, lantunan suara Sinden yang mendayu-dayu yang diiringi dengan gamelan dan suling sunda menjadikan harmoni yang sangat indah. Tari jaipong salah satu tarian khas Sunda yang cukup terkenal dan banyak dinikmati. Tari ini merupakan sebuah tarian yang energik dan dinamis. Penuh dengan gerakan yang lincah dan sangat atraktif. Dan masih banyak seni tari lainnya yang penuh dengan ragam keindahannya.

Itulah sedikit cerita tentang kota Bandung yang menjadi destinasi wisata yang sering di kunjungi para pelancong, atau untuk sekadar berakhir pekan bersama keluarga.


Ira Mulya

#SETIP DAY 34
#ESTRILOOK COMMUNITY






1 komentar:

  1. bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
    mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
    mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik dan menguras emosi
    ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...

    BalasHapus

Film-film yang Tunda Tayang di Tahun 2020

          Tahun 2020 adalah tahun yang sangat kelam. Dimana, wabah virus Corona tengah melanda seluruh belahan bumi. Meruntuhkan segala ben...