Senin, 23 Maret 2020

Pentingnya Menjaga Komunikasi Dalam Setiap Hubungan

Young couple arguing in a cafe. Relationship problems.



Komunikasi dalam suatu hubungan adalah hal penting yang harus selalu dilakukan. Baik dengan pasangan hidup, dengan orang tua, dengan anak atau bisa jadi dengan teman kerja, atau dengan atasan. Tidak lain, karena terjalinnya komunikasi yang baik akan menghasilkan hubungan yang harmonis, jauh dari konflik, saling memahami dan tentu saja bahagia akan didapat.

Banyaknya pasangan suami istri yang cekcok dalam perkawinannya lantaran kurangnya komunikasi. Orang tua yang kurang memberikan perhatian atau minimnya waktu untuk sekedar mengobrol dengan anaknya karena kesibukkan yang tak kunjung selesai. Anak yang selalu sibuk diluar rumah sehingga pertemuan dengan orang tua tidak intens lagi dan lain sebagainya.

Misalnya dalam suatu rumah tangga, antara suami dan istri yang memiliki sikap yang keras dengan Ego yang selalu dipelihara dalam diri masing-masing pasangan, tentu akan membuat permasalahan tak pernah usai bisa jadi kian meruncing. Bila ada masalah, satu sama lain saling gengsi kalau harus terlebih dulu membuka suara walau hanya sekedar meminta maaf. Merasa diri paling benar sehingga tak ada titik temu dari kedua belah pihak. Dijamin komunikasi akan sulit terjalin jika demikian.

Sebetulnya, terlalu membesar-besarkan hal sepele pun akan menambah kerunyaman pikiran. Terjebak dalam perdebatan tentang persoalan-persoalan  yang tidak bermanfaat yang kadang tak diketahui ujung pangkalnya. Perang mulut yang tak terhindarkan. dengan umpatan kata-kata kasar yang sungguh, sangat tak enak didengar. Sebab hal itu lah akan membuat dadamu terasa sempit dan akal pun menjadi keruh.

Jangan terlalu berupaya memaksakan satu pendapat kepada orang lain dalam masalah-masalah yang sesungguhnya bisa dilihat dari berbagai segi. Lontarkanlah ide dan pandanganmu itu dengan santun, tenang dan tidak terlalu menggebu-gebu. Jangan sampai hati menjadi panas dan otak pun tak bisa mencerna hal-hal baik. Akhirnya kebablasan.

Hindari sikap membantah dan mengkritik apalagi menghardik. Kenapa? Pasalnya hal itulah yang akan membuat ketenangan hatimu menjadi hilang. Komunikasi menjadi tak lancar. Parahnya, citra dalam dirimu akan terkesan buruk. Ucapkanlah kalimat-kalimat baik, walaupun singkat namun penuh makna. Dengan begitu orang yang kita ajak komunikasi akan menerima dengan hati yang nyaman.

Introspeksi diri tentu harus selalu dikedepankan sebelum semuanya dibicarakan. Terkadang ada seseorang yang tak terima jika dikritik. Namun tak mampu untuk mengoreksi dirinya sendiri sementara begitu lihainya menilai dan memandang orang lain.

Sesungguhnya Allah SWT tidak menciptakan kita sempurna dalam segala-galanya dan selalu terjaga dari dosa. Setiap kita pasti menanggung dosa dan memiliki segala kekurangan. Maka berbahagialah bagi mereka yang senantiasa menjaga komunikasi dan bersilaturahim dengan penuh damai serta memperbaiki diri sendiri dan tidak mempergunjingkan aib dan kesalahan orang lain.
Semoga Bermanfaat.


#Day 23
#Odop
#Estrilook Community


Ira Mulya






1 komentar:

  1. Numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    BalasHapus

Film-film yang Tunda Tayang di Tahun 2020

          Tahun 2020 adalah tahun yang sangat kelam. Dimana, wabah virus Corona tengah melanda seluruh belahan bumi. Meruntuhkan segala ben...