Rabu, 25 Maret 2020

Mengenal 4 Perbedaan Temperamen

Hasil gambar untuk Gambar orang yang temperamen keras
Dailymoslem

Dalam setiap hubungan, baik pasangan suami istri, jalinan persahabatan atau jalinan pertemanan, tentu sebelumnya tidak akan pernah mengetahui secara keseluruhan bagaimana sifat dan karakter yang dibawa masing-masing individu dalam biduk pernikahannya atau dalam lingkungan pergaulannya. Hal ini akan membuat setiap pasangan atau persahabatan merasa kaget karena karakter yang sesungguhnya akan nampak jelas setelah keduanya ada dalam satu rumah atau ada dalam tali persahabatan yang telah lama terbina. Semisal, bagi pasangan yang telah melalui proses pacaran yang cukup lama, atau bersahabat dengan beberapa orang teman terbilang cukup lama pula, sedikitnya akan saling mengetahui seluk beluk sifat serta temperamen masing-masing. Karena waktu yang lama itulah telah menyeretnya dalam sebuah proses. Sehingga akhirnya dapat saling mengerti dan memahami.

Perlu kedewasaan diantara kedua belah pihak dalam menyikapinya. Agar tidak menjadi konflik yang berkepanjangan. Perbedaan temperamen yang sangat jauh akan membuat salah satu yang lain merasa tak nyaman karena percekcokan akan timbul setiap saat. Untuk mencari jalan keluar ketika permasalahan kian mengerucut, ada baiknya kita kenali terlebih dahulu 4 macam temperamen berikut ini.



1. Intim

Orang-orang yang termasuk tipe ini umumnya mereka pandai bercerita dengan caranya yang menarik. Cerita sepele bisa di kemas menjadi cerita bak sinetron lengkap dengan bumbu-bumbunya. Sehingga orang yang mendengarnya menjadi terpesona. Memiliki pribadi-pribadi yang periang, ramah, friendly, hangat, spontan dan selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap orang yang ada di dekatnya. Orang yang intim senantiasa selalu bergembira, sekalipun dia sedang bersedih namun tak akan menampakkan muka sedihnya di hadapan setiap orang. Selalu percaya diri dan tak pernah ragu saat ada dalam satu situasi. Satu hal lagi, orang intim akan selalu mencari perhatian. Namun dia akan mengakui dengan cepat bila melakukan kesalahan. Walau sedikit agak ceroboh dan kurang peduli dengan pendapat orang lain, Namun ia tetap optimis.


2. Dominan

Orang dominan memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Kuat, fokus dan tegas dalam segala hal mampu menjadikan seorang pemimpin yang tangguh dan kuat. Karena cenderung dominan, tak jarang ide-ide yang dimilikinya harus cepat tersampaikan dan akan berusaha dengan sekuat tenaga agar gagasannya diterima. Bahkan jika yakin dengan ide nya tak peduli orang suka atau tidak. Beradu argumen adalah kepiawaiannya, jangan harap kamu bakal unggul dengannya.
Bisa dikatakan orang dominan tentu amatlah ambisius, ego yang kuat, suka bersaing, berani mengambil resiko dan tentu tak mau dikalahkan. Ketakutan terbesarnya adalah kehilangan kekuasaan. Kurang pekanya terhadap perasaan seseorang sehingga ia akan sangat tak peduli terhadap sekelilingnya. Akhirnya banyak orang yang mundur dan menjauhinya.

3. Cermat

"Kalau mengupas buah itu harus begini, jangan begitu! Bukan apa-apa biar kelihatannya bagus aja dan cantik!" Begitulah orang-orang cermat akan berpendapat. Padahal buah kalau dikupas tetap saja hasilnya sama, toh pada akhirnya akan dimakan juga, simpel kan?
Namun tidak menurut si Cermat. Penuh pertimbangan dan selalu hati-hati adalah moto hidupnya. Ia akan mengerjakan sesuatu sesuai aturan. Mengerjakan sungguh-sungguh dengan sebenar-benarnya. Umumnya mereka tidak terlalu suka dengan hasil kerjaan orang lain yang asal-asalan. Tipe ini memiliki sifat perfeksionis, sensitif, perencana, butuh petunjuk yang detail dan rinci. Suka mengkritik dan susah memuji orang lain adalah karakternya. Namun hal terbesarnya adalah ia bisa diandalkan untuk menyelesaikan tugas tepat waktu dengan hasil yang memuaskan.

4. Stabil

"Aduh! hal segitu aja dibesar-besarkan! Apa ga bisa dibawa rileks, gitu?"
"Buat apa di pikirin?  Bikin tambah kerjaan aja!"
Nah, itulah orang-orang stabil yang memang pada dasarnya selalu memandang segala sesuatu dengan ringan, santai dan tak mau ribet. Mereka memiliki sifat tenang, penyabar, patuh, dan bisa mengontrol diri dengan cukup baik. Walau terkadang selalu menarik diri dari pergaulan, tapi bukan berarti tidak bisa bergaul. Ia lebih mementingkan rasa aman dan damai dalam dirinya daripada harus mendengar sesuatu yang akan membuatnya merasa tak nyaman. Sebetulnya ia pandai menempatkan diri, siapapun yang ada didekatnya akan selalu merasa tentram. Kepribadiannya yang penuh damai, manis dan tentu tidak suka dengan konflik dan tantangan. Kekurangannya adalah tidak antusias, lambat dan butuh waktu lama untuk sesuatu yang baru, Namun jangan salah mereka adalah orang-orang yang menyenangkan, cerdas dan enak diajak bicara.

Nah teman, alangkah baiknya kita selalu mengenal setiap kepribadian pasangan, teman, dan sahabat kita masing-masing. Tentu dengan demikian masalah yang ada di depan kita bisa kita carikan jalan keluarnya dengan baik. Setidaknya kita pelajari setiap karakternya dengan cara meng-kategorikan-nya dimana letak temperamen pasangan atau teman kita yang cocok dengan pemaparan di atas.
Semoga bermanfaat.

#Day26
#Odop
#Estrilook Community

Ira Mulya









1 komentar:

  1. Numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    BalasHapus

Film-film yang Tunda Tayang di Tahun 2020

          Tahun 2020 adalah tahun yang sangat kelam. Dimana, wabah virus Corona tengah melanda seluruh belahan bumi. Meruntuhkan segala ben...