Senin, 16 September 2019

Tips-tips Mudah Berhijrah

Foto Didik Andriawan

Bismillah,


Hampir setiap orang pernah mengalami perjalanan hijrah. Hijrah berasal dari bahasa Arab, yang  dalam pengertian luas adalah meninggalkan atau perpindahan tempat. Namun saat ini banyak yang memaknai hijrah dengan hal yang lebih luas lagi yaitu perpindahan atau perubahan diri seseorang menuju lebih baik lagi dan meninggalkan kekufuran. Perjalanan hijrah saat pada zaman Nabi Muhammad SAW adalah perjalanan dari Mekah ke Madinah dengan tujuan mempertahankan dan menegakkan risalah allah yaitu berupa Aqidah dan Syariat Islam.

Sebelum diri seseorang memutuskan untuk berhijrah, tentu ada alasan lain yang mendorong untuk mengambil keputusan itu. Atau karena suatu sebab yang membuat hati membuka lebar-lebar untuk diisi dengan berbagai kebaikan yang selama ini dibiarkan kosong tanpa siraman rohani. Atau mungkin telah mengalami kejadian-kejadian yang menakutkan dan menyedihkan. Sehingga tumbuh rasa akan takut kepada sang pemberi hidup yaitu Allah SWT, dan takut akan menghadapi kematian yang pasti akan terjadi dan menimpa semua mahluk hidup di semesta ini. Hijrah inilah yang akan mengantarkan diri seseorang untuk berbuat kebaikan di akhir sisa hidupnya, walau tidak semua orang dapat melakukannya.

Foto: Pinterest


Pengalaman hijrah saya beserta seluruh keluarga besar saya tentu tidak datang bersamaan. Banyak proses yang harus dijalani dan tentu berbeda jalannya. Satu orang berhijrah akan berdampak pada yang lainnya. Hijrah selalu membawa kebaikan bagi siapapun, dan akan menularkan kebaikan itu tanpa pemaksaan terhadap yang lainnya. Bergaul dengan orang-orang yang baik, niscaya kebaikan akan datang menghampiri.

Tidak mudah untuk membuat seseorang berhijrah. Sejatinya hijrah yang baik adalah yang mengikuti panggilan hati. Saat batin sedang merasakan sesuatu himpitan yang tak menyenangkan dan membuat  hati terpuruk, jalan yang baik adalah segera bermuhasabah diri lantas hijrahlah. Hanya Allah SWT yang mampu membolak balikkan hati manusia. Namun sesungguhnya hidayah pun seharusnya kita jemput sendiri, tak perlu menunggu kedatangannya.

Ada beberapa tips berhijrah menurut pengalaman saya. Semoga dapat membantu untuk perbaikan ahklak menjadi manusia yang berguna dan lebih baik lagi bagi agama yang dianut yaitu muslim, yang akan dipertanggung-jawabkan kelak di yaumil akhir.

* NIAT

Segala sesuatu yang ingin dilakukan tentu karena adanya niat dalam hati. Sebelum semuanya ter-realisasi niat itu telah tumbuh dari awal. Hal terpenting adalah bagaimana caranya mewujudkan niat itu menjadi kenyataan. Kadangkala ketika niat sudah ada, karena lain hal akhirnya harus tertunda. Baiknya begitu niat sudah terdetik dalam hati, segeralah untuk melaksanakannya. Kita tak akan pernah tahu apa yang akan terjadi esok hari. Namun niat pun sudah menjadi amalan baik yang akan tercatat, wallahu,alam bhishawab.

* BERGAUL DENGAN ORANG BAIK

Libatkan dirimu dengan orang-orang baik, niscaya akan terbawa pula dalam hal-hal baik. Lingkungan sekitar kita adalah yang akan berdampak pada diri kita pula. Ketika orang-orang sekeliling kita banyak melakukan kebaikan dalam kegiatan sehari hari, secara langsung akan membuat kita tertarik dan terjun bersama melakukan kebaikan-kabaikan itu, terutama dalam kehidupan beragama.

* BERSIHKAN HATI

Urusan hati ini selalu menjadi hal terpenting. Hati manusia yang selalu dipenuhi berbagai rasa ini, tak mudah memang untuk secepatnya dibersihkan. Perasaan hasad, hasut, iri, dengki, sombong, marah dan lain sebagainya adalah tipu daya syaitan yang merasuki jiwa manusia. Mulailah perhatikan pula apa yang masuk ke dalam diri kita, misalnya makanan tidak halal, riba atau transaksi haram lainnya. Terkadang tanpa kita sadari semua itu telah masuk melalui aliran darah kita dan mengalirkannya ke dalam raga kita.

Foto: Pixabay

* DEKATKAN DIRI DENGAN AL QURAN

Inilah salah satu cara hijrah yang baik adalah mendekatkan diri dengan Al Quran. Saat kita sedang didera perasaan galau atau apalah yang membuat kita menjadi tertekan dan stres, sebetulnya tidak perlu obat yang lain, Al Quran adalah obat terbaik dari segala obat penawar lainnya. Tapi tak sedikit orang mengabaikannya dan mencari cara lain untuk menenangkan hati yang sedang dilanda kekalutan.

* BUATLAH PERUBAHAN

Seperti yang telah dikatakan bahwa hijrah adalah perpindahan atau perubahan. Hal kecil untuk membuatmu benar-benar niat berhijrah adalah perubahan. Evaluasi diri kamu, apa yang seharusnya kamu rubah dalam dirimu. Ucapan, tingkah laku, pergaulan dan cara berpakaian adalah perbuatan yang harus jelas berubah. Dengan begitu kamu akan mengawali langkah hijrah kamu dengan sungguh-sungguh dan serius.

Itulah tips-tips ingin berhijrah menurut versi saya, semoga bermanfaat.


Salam
Ira Mulya


#ODOP
#Day17
#ESTRILOOKCOMMUNITY




















































1 komentar:

  1. Numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    BalasHapus

Film-film yang Tunda Tayang di Tahun 2020

          Tahun 2020 adalah tahun yang sangat kelam. Dimana, wabah virus Corona tengah melanda seluruh belahan bumi. Meruntuhkan segala ben...