Senin, 02 September 2019

Pentingnya Membagi Waktu Dalam Meningkatkan Aktivitas Sehari-hari



Waktu adalah esensi. Setiap menitnya berharga. Jangan biarkan lewat tanpa makna. Nah, untuk dapat mengatur waktu dengan mudah baiknya kita jadwalkan semua kegiatan kita yang padat dengan cara meng-agendakannya. Membuat perencanaan adalah hal yang terpenting untuk memberikan kemudahan dalam menata seluruh waktu yang kamu miliki. Sebagai seorang pemula dalam kegiatan tulis menulis, tentunya harus pandai-pandai membagi waktu agar semuanya seimbang antara tugas dan kewajiban sebagai seorang ibu dan istri, juga antara kegiatan di luar kewajiban, seperti menyalurkan hobi yang akhir-akhir ini kembali digeluti.

Sebagai seorang ibu rumah tangga yang mengerjakan segala sesuatunya sendiri, alias tanpa asisten rumah tangga dengan banyak aktivitas lainnya, bukan hal mudah untuk membagi waktu agar semuanya terselesaikan dengan tuntas. Harus pandai-pandai mengatur jadwal antara kapan waktu bekerja, istirahat, beribadah, bersantai, dan menyenangkan diri sendiri. Karena hidup sejatinya harus menjaga keseimbangan maka jangan sampai keteteran dan terbengkalai antara satu dan yang lainnya. Satu tugas wajib dalam rumah belum selesai, tugas lainnya tampak menanti untuk dieksekusi, dan itu sudah pasti membuat kita seperti dikejar-kejar oleh waktu itu sendiri.

Di sini saya akan berbagi langkah-langkah untuk dapat mengatur waktu dengan baik dan bijaksana tanpa merasa terburu-buru dan terbebani, agar semuanya teratasi dengan mudah. Yuk simak.


* Kerjakan Tugas Wajib Terlebih Dahulu.

Tugas ibu rumah tangga adalah tugas yang paling banyak menyita waktu yang harus kita kerjakan. Mengurus kebutuhan suami dan anak-anak tentunya hal yang harus kita dahulukan dibandingkan dengan urusan lainnya.
Menyiapkan semua keperluan dari mulai makanan, pakaian, dan kebutuhan sehari-hari adalah yang paling utama dan sudah pasti akan sama dari waktu ke waktunya tinggal kita benahi sedikit demi sedikit agar lebih efisien lagi waktunya. Jangan biarkan waktu berharga menjadi sia-sia karena terbuang percuma. Kerjakan yang harus dikerjakan secepatnya. Rasa malas biasanya akan menghambat segala aktivitas. Sebisa mungkin singkirkan rasa malasmu dan berpikirlah bahwa semua harus selesai tepat waktu dengan rapi. Tugas seorang istri yang kebetulan tidak bekerja di kantor, tentunya akan lebih banyak yang dikerjakan di dalam rumah daripada di luar rumah.
Setiap harinya akan dihadapkan dengan tumpukan cucian, gunungan seterikaan, cucian piring kotor  dan bebenah seluruh ruangan agar tampak bersih dan rapi. Belum lagi mengantar jemput anak saat pergi sekolah dan pulangnya. Semua harus selalu tepat waktu. Sementara kita masih ingin menyalurkan hobi lama dan hobi baru yang banyak memerlukan waktu untuk berpikir dan berimajinasi. Sungguh semua itu tidak begitu saja dapat dilakukan dengan mudah jika kita tidak bisa membuat perencanaan terlebih dahulu.

* Kerjakan Tanpa Menunda

Waktu terasa sangat sempit tatkala pekerjaan rumah yang begitu banyak terlihat di sana sini. Eit, jangan stres dulu, dengan begitu kita akan semakin enggan untuk memulainya. Tarik nafas dalam-dalam pikirkan bahwa semua itu adalah hal mudah yang harus segera dikerjakan tanpa menunda. Jangan terlalu banyak diam dan bercerita sana-sini yang tak penting. Hindari gadget untuk mempercepat pekerjaan rumah. Jauhkan sementara dari jangkauan kita agar hasrat ingin memainkan gadget tertahan dulu sampai pekerjaan rumah benar-benar beres.

* Fokus Dulu Pada Satu Pekerjaan

Jika pekerjaan rumah yang sedang kamu kerjakan belum terselesaikan dengan baik dan rapi, cobalah untuk tidak pindah mengerjakan yang lainnya kecuali sangat diperlukan. Konsisten dengan satu persatu pekerjaan itu lebih baik dan selesaikanlah dengan tuntas. Kecuali jika pekerjaan itu bisa disambi dengan pekerjaan lainnya. Mengerjakan tugas dalam waktu yang bersamaan memang cepat ya, tapi malah akan membuat kamu ngos-ngosan dan akhirnya pekerjaan menjadi berantakan karena tenaga sudah tak bisa lagi diajak berdamai.

* Kerjakan Aktivitas Hobi Yang Kamu Geluti

Setelah selesai dengan tugas-tugas wajib dalam keseharianmu, saatnya kamu lakukan keinginanmu untuk menyenangkan diri sendiri, yaitu salurkan hobimu yang sekiranya masih ingin kamu kerjakan. Membaca misalnya? atau menulis? atau berolah-raga? atau pergi ke bioskop, ke toko buku tentu akan merasa sangat bahagia menikmati setiap hidup yang dijalani dengan keseimbangan yang berarti. Bahagia adalah rasa yang memang tidak bisa dicerna dan diukur dengan kata-kata, yang jelas kamu akan merasa nyaman bila menjalani hidup sesuai dengan manajemen waktu.

* Ibadah

Kewajiban beribadah adalah hal terpenting dalam kehidupan manusia dengan Sang Pencipta yang tak boleh tertinggal walau dalam keadaan apapun. Kamu harus mendahulukan kepentingan rohanimu agar kelak tidak menjadi orang yang merugi.
Ibadah wajib harus selalu dikerjakan terlebih dahulu tanpa boleh menundanya apalagi sampai meninggalkannya. Pastikan ibadah harus menjadi bagian dari managemen waktu yang paling utama.

* Refreshing

Kegiatan ini adalah salah satu yang perlu kita agendakan juga. Walau tidak selalu harus untuk kita lakukan. Waktunya pun tidak akan setiap saat untuk diwujudkan. Adakalanya setiap bulan sekali atau enam bulan sekali bahkan setahun sekali, Tergantung kondisi waktu dan kondisi lainnya. Rutinitas yang padat kadangkala membuat kita jenuh, karena dari waktu ke waktu hanya itu-itu juga yang selalu dikerjakan. Adakalanya kita perlu membuat pikiran fresh dengan cara meluangkan waktu untuk melakukan perjalanan atau berwisata sejenak untuk memulihkan ketegangan setelah sekian hari berkutat dengan aktivitas dan rutinitas yang padat.

Nah teman, itulah langkah-langkah untuk memanej waktu kamu agar bisa diatasi dengan lancar dan tuntas tanpa hambatan. Semoga bermanfaat.


Salam
Ira Mulya
Sumber Gambar I'm RutDaLanD



#ODOP
#Day 2
#Estrilook Community

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Film-film yang Tunda Tayang di Tahun 2020

          Tahun 2020 adalah tahun yang sangat kelam. Dimana, wabah virus Corona tengah melanda seluruh belahan bumi. Meruntuhkan segala ben...