Jumat, 27 September 2019

Menu Pilihan Saya di Akhir Bulan

Di setiap penghujung bulan, bagi saya adalah saatnya mengencangkan ikat pinggang untuk urusan kebutuhan sehari hari. Sebagai istri dari seorang pegawai negeri sipil, tentunya saya harus pandai-pandai mengatur dan mengelola keuangan yang sudah diberikan suami setiap bulannya. Secara logika memang kalau kita menghitung semua kebutuhan sehari-hari dengan gaji suami yang seorang PNS, jelas tidak mencukupi. Biaya hidup dengan 3 orang anak yang tentu semuanya bersekolah, 2 di perguruan tinggi dan 1 di SMP, bukanlah hal mudah untuk mengatasinya. Terutama dalam segi keuangan.

Biaya untuk kebutuhan dapur adalah yang paling utama daripada yang lainnya. Tapi bukannya biaya yang lainnya tidak penting lho ya? Karena, urusan perut itu adalah hal yang tidak bisa ditunda. Sementara yang lainnya bisa kita tangguhkan dulu. Itupun tidak bisa lama-lama, karena kebutuhan selalu mendesak dan kadanglaka ada pengeluaran tak terduga.

Di sini saya ingin berbagi tips menu di akhir bulan. Selain bisa diminimalisir budged-nya, juga menu pilihannya yang sederhana dan harus tetap yang bergizi ya bunda? dan jangan lupa empat sehat lima sempurna itu murah ko bunda, kita masih bisa mengedepankan itu untuk keluarga tercinta. Lalu,  menu apa saja yang harus tersedia di meja makan saat keuangan mulai menipis?
Yuk cek it out!



* Sayur Bayam Bening




Sayuran adalah jenis menu pilihan sehat dan murah. Mengandung banyak zat besi terutama sayuran berwarna hijau. Sayur bayam bening adalah salah satu pilihan termurah namun tetap sehat untuk dikonsumsi. Biasanya saya tambahkan potongan jagung muda atau potongan labu siam ke dalamnya.
Tidak terlalu banyak bumbu untuk menambahkannya. Hanya perlu 2 butir bawang merah di geprek,
irisan daun bawang, 2 lembar daun salam, 2 potong lengkuas di geprek, 1 buah irisan tomat, garam dan gula pasir secukupnya. Sayur bayam ini tidak terlalu tahan lama, jadi sekali waktu makan pastikan sudah harus habis dan jangan menghangatkannya apalagi dimasukan ke dalam lemari pendingin.

* Tempe dan Tahu Goreng

Tokopedia



Tempe dan tahu adalah makanan berbahan kacang kedelai ini, mengandung banyak protein. Namun kandungan tempe lebih banyak proteinnya dibanding tahu karena proses pembuatannya. Tempe memiliki 15,4 gram protein sementara tahu hanya 10 gram, karena proses pembuatan tahu, biji kedelai mengalami ekstraksi dengan air, sedangkan tempe tidak.
Tempe dan tahu menjadi tambahan menu yang sering saya sediakan, terutama di akhir bulan. Cukup hanya di goreng atau dicelupkan ke dalam tepung bumbu lalu goreng, sederhana bukan?

* Ikan
Fimela.com


Jenis ikan tentunya sangat banyak pilihannya. Dari yang mahal sampai yang murah. Tergantung dari segi kualitas ikan dan rasa ikan itu sendiri. Kelangkaan atau penangkapan ikan yang sulit akan mempengaruhi harga ikan. Nah bunda,  jangan galau dulu, kita masih bisa makan ikan walau di akhir bulan. Carilah ikan yang murah tapi bisa kita kelola dengan istimewa. Ikan tongkol salah satunya atau ikan layang yang mudah didapat karena ikan ini mudah sekali didapatkan di laut.
Menu ikan ini tentunya kalau bukan di goreng bisa dibuat sayur atau dibakar. Tergantung mood kamu untuk mengeksekusinya. Kalau saya cukup digoreng saja. Cara mengolahnya pun mudah.Seperti biasanya rendam ikan yang sudah dibersihkan dalam bumbu sesuai selera, lalu goreng.

* Buah

Liputan6.com


Pepaya adalah buah pilihan yang tepat di akhir bulan. Namun tidak masalah bila bunda mau menyajikannya di setiap harinya. Karena kandungan dalam buah pepaya ini sungguh luar biasa. Memiliki rendah kalori, anti kanker, anti oksidan, meningkatkan kesehatan jantung. Kandungan vitamin dan likopen sangat membantu melindungi jantung dan meningkatkan efek perlindungan dari kolesterol. Selain mudah sekali cara penyajiannya pepaya ini juga tidak mengenal musim. Hampir dati bulan ke bulan pepaya selalu mudah dicari.

* Susu

Ramesia


Susu ini boleh bunda skip ya kalau memang benar-benar tidak ada budget untuk menyediakannya. Maklum akhir bulan biasanya apapun bisa kita tangguhkan dulu. Lagipula bila bunda sudah memiliki anak-anak yang sudah remaja, sepertinya susu tidak harus selalu ada ya, walaupun memang dibutuhkan. Tapi bila bunda ingin tak tertinggal mengkonsumsinya, dalam keadaan uang yang harus dipakai untuk hal yang lebih darurat, boleh tuh, membuat susu kedelai sebagai penggantinya dan kita bisa buat sendiri di rumah dengan mudah.

Nah bunda-bunda kece, itu sedikit tips dari saya, dan tentunya saya sendiri telah mempraktekkannya di rumah, dan di akhir bulan. Semoga ada manfaatnya.


Salam
Ira Mulya


#ODOP
#Day 28
#Estrilook Community




1 komentar:

  1. Numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    BalasHapus

Film-film yang Tunda Tayang di Tahun 2020

          Tahun 2020 adalah tahun yang sangat kelam. Dimana, wabah virus Corona tengah melanda seluruh belahan bumi. Meruntuhkan segala ben...