Rabu, 11 September 2019

Meningkatkan Kualitas Menulis


Tidak semua orang dianugerahi bakat sebagai penulis atau pengarang. Namun untuk menjadi seorang penulis tidak harus tumbuh dari bakat yang telah dibawanya dari kecil. Bisa jadi, karena tertarik dengan dunia tulis menulis yang saat ini kian begitu pesat, maka timbul keinginan untuk belajar menulis dan mempelajari seluk beluknya. Bahkan kelas-kelas menulis bagi pemula sudah banyak tersebar di sosial media.

Tidak ada yang tidak mungkin, semuanya masih bisa dicapai selagi niat dalam hati sudah kuat dan bulat. Apalagi dunia tulis menulis saat ini, ladang untuk mencari uang tambahan dan bisa dengan mudah dapat dilakukan di rumah tanpa harus pergi ke luar rumah. Bahkan seorang ibu rumah tangga bisa tetap berkarya mengekspresikan hobinya tanpa harus susah payah meninggalkan tugas dan kewajibannya sebagai ibu dan istri.

Agar tulisan kita tidak membosankan dan ingin perubahan, ada baiknya kita meningkatkan kualitasnya. Baik dari segi tata bahasa, juga dari kedalaman informasi yang sedang berkembang akhir-akhir ini, supaya terlihat up to date dan tak mati gaya.

Nah, dears ada beberapa langkah untuk kita coba dan kita wujudkan agar tulisan kita semakin hari semakin menarik dan mengalami peningkatan. Apa saja langkah-langkah itu, yuk kita simak.

* Menggali Informasi

Informasi adalah hal yang sangat diperlukan untuk menambah isi tulisan. Galilah informasi yang akurat agar kebenarannya bisa dipertanggung-jawabkan. Akhir-akhir ini kerap terjadi berita hoak, nah jangan sampai kita terbawa arus dan dengan mudah mempercayainya. Sebaiknya menyaring terlebih dahulu berita-berita yang akan kita sampaikan dalam tulisan.

* Tingkatkan Membaca

Seorang penulis sudah pasti bahwa ia adalah seorang pembaca. Kedua kegiatan ini tentu selalu saja berhubungan. Dengan semakin banyak membaca, ilmu pengetahuan pun akan bertambah pula, dan itu adalah salah satu penunjang dalam sebuah ide-ide tulisan. Membaca tentu konteksnya sangat luas, bacalah apa yang terlihat di depan mata, dari sana kemungkinan menambah ide baru dalam tulisan semakin mudah. Biasakanlah membaca sebelum menulis, tapi jangan sampai apa yang sudah dibaca kita tuangkan semua ke dalam tulisan kita, jika begitu, sama artinya dengan menyalin atau menjiplak.

* Perbanyak Kosa Kata

Kosa kata adalah hal paling utama dalam sebuah tulisan. Tulisan akan terasa monoton jika pembendaharaan katanya sangat minim. Maka dibutuhkan untuk menambah hapalan kosa kata. Banyak kata-kata baru dalam kamus bahasa Indonesia, kita tinggal mempelajarinya atau mengingatnya seberapa banyak kata-kata yang belum kita pahami artinya atau belum terbiasa kita ucapkan.

* Istilah Asing

Sekali-kali sisipkan istilah asing dalam tulisan kita agar terlihat berkembang sesuai zaman. Anak-anak milenial sekarang sudah terbiasa dengan istilah asing. Kita yang hidup di era lama, tentu tidak paham dengan istilah asing. Maka akan terlihat perbedaan penulis zaman dulu dan penulis zaman sekarang. Pada zaman dahulu seorang penulis biasanya akan menggunakan tata bahasa menurut sastra Indonesia, sehingga isi tulisannya terkesan serius. sedangkan penulis muda zaman sekarang, gaya menulisnya yang santai dan penuh dengan bahasa gaul atau istilah asing. Semua tentu memiliki ciri khas masing-masing yang patut kita hargai.

* Bergabung dengan Komunitas Menulis

Komunitas menulis yang tersebar di media sosial kian marak. Bergabunglah untuk menambah ilmu  dalam bidang tulis menulis, karena komunitas-komunitas menulis itu akan banyak membagikan tips-tips menulis, baik untuk pemula ataupun untuk senior. Terus terang itu akan sangat membantu dan memudahkan untuk perkembangan sebuah tulisan. Selain untuk menambah teman, ilmu yang didapat juga semakin bertambah.

Nah itulah sedikit ulasan tentang bagaimana cara meningkatkan sebuah tulisan. Semoga bermanfaat.


Salam
Ira Mulya
Gambar: swara.tunaiku.com


#ODOP
#Day 11
#Estrilook Community







1 komentar:

  1. Numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    BalasHapus

Film-film yang Tunda Tayang di Tahun 2020

          Tahun 2020 adalah tahun yang sangat kelam. Dimana, wabah virus Corona tengah melanda seluruh belahan bumi. Meruntuhkan segala ben...