Kamis, 05 September 2019

Membuat Bekal Sendiri atau Catering? Mana yang Lebih Baik?


Memiliki anak-anak yang sehat dan cerdas adalah dambaan setiap orang tua dimanapun di dunia ini. Namun tidak semua orang tua secara kebetulan mendapatkan apa yang diinginkan dan diharapkan. Semua tergantung keberuntungan dan nasib yang diberikan Allah SWT dan yang pasti tergantung bagaimana cara bunda merawat dan mendidik buah hati dari awal kehamilan sampai melahirkan hingga anak-anak tumbuh menjadi sekarang ini.

Tidak sampai berhenti di situ, peran orang tua amatlah menentukan dalam setiap langkah anak mereka, termasuk dalam hal menyiapkan bekal untuk di bawa ke sekolah. Bagaimanapun sibuknya orang tua, bunda terutama, tetap harus menomorsatukan keperluan semua anak-anaknya. Untuk saya pribadi, lebih memilih mempersiapkan bekal dari rumah, hanya untuk menghemat pengeluaran sedikit, lagipula saya ibu rumah tangga yang selalu ada di rumah, jadi tidak ada alasan untuk memilih catering sekolahan. Menyiapkan bekal dari rumah, selain sudah pasti terjaga kebersihan dan kesehatan makanannya, tentunya bunda akan melakukan langkah terbaik demi buah hati tercinta. Namun bukan berarti catering di sekolah tidak terjamin kebersihan dan kesehatannya loh!
Catering sekolahan pun akan melakukan hal yang sama, bisa jadi akan lebih menjaga kualitas makanannya agar terjamin semuanya, karena tanggung jawabnya akan lain pula. Namun buat bunda yang sibuk bekerja juga di luar rumah, sebaiknya bunda bisa pertimbangkan sebelumnya, apa akan membawakan bekal dari rumah buat anak tercinta, atau akan mengambil jasa catering? Semua tergantung dari niat dan kesiapan bunda-bunda yang memiliki pekerjaan di kantor.

Langkah-langkah yang perlu bunda persiapkan untuk membuat bekal sendiri yang hendak di bawa ke sekolah, sebagai berikut.

* Bangun Lebih Awal dari Biasanya

Bagi bunda yang bekerja di kantoran, bangun awal adalah yang harus di utamakan. Persiapkan semua bahan-bahan yang akan hendak di masak. Jika belum tersedia, berbelanja ke pasar atau ke warung akan sedikit menghemat.

* Pilih Menu Kesukaan Anak-anak

Memilih menu adalah yang sangat penting. Jangan sampai bunda memasak kehendak bunda sendiri tanpa mempedulikan kegemaran anak-anak. Ada baiknya menanyakan kepada buah hati bunda, menu apa yang akan di bawa untuk bekal sekolah esok hari, dengan begitu persiapan bunda sudah matang.

* Usahakan untuk Ganti Menu Setiap Hari

Menu yang itu-itu juga akan membuat anak bunda cepat bosan. Cobalah untuk mencari masukan atau info makanan untuk bekal anak di media-media sosial yang banyak sekali.

* Tempat atau Wadah-wadah Makanan yang Lucu

Anak-anak memang suka yang lucu-lucu loh, bunda. Nggak ada salahnya untuk menempatkan makanan atau bekal yang hendak di bawa dengan wadah-wadah atau tempat yang unik dan lucu. Anak-anak pasti akan sangat senang. Dengan begitu mereka akan bertambah semangat ketika membuka bekalnya di sekolah.

* Kreasikan Bentuk Bekal Anak agar Terlihat Menarik

Untuk mencegah kebosanan pada anak-anak dengan bekalnya, bunda mesti belajar berkreasi sedikit ya bunda, banyak juga boleh, hehehe. Misalnya cetaklah nasi dengan cetakan yang berbentuk lucu-lucu, beri sedikit gambar mata, hidung atau mulut yang mungil-mungil, atau potongan roti yang di potong sesuai gambar yang diinginkan, hiaslah dengan toping makanan ringan lainnya. Anak-anak pasti suka dengan hal itu. Atau selipkan potongan buah segar dalam wadah makanannya agar selera makan siang anak bunda di sekolah semakin meningkat.

Bunda-bunda yang kece, semoga langkah-langkah di atas dapat membantu ya, atau bunda sudah punya langkah-langkah sendiri yang lebih baik lagi, alangkah senangnya anak-anak kita ya bunda.

Anak-anak ketika di sekolah adalah tanggung jawab guru-gurunya. Kadangkala jika waktu jam istirahat sekolah tiba mereka bebas bermain hanya di seputar sekolahan dengan pantauan semua petugas sekolah itu sendiri. Jadi, sebagai orang tua tentunya merasa aman dan tenang. Jam makan siang sudah ditentukan, semua murid-murid membuka bekal masing-masing. Sementara catering  sekolah sudah tersedia pula, dan mereka pun makan siang bersama di sekolah. Satu dua orang murid terlihat tak membawa bekal. Mereka pergi ke kantin yang ada di dalam lingkungan sekolahan dan membeli makanan ataupun minuman. Kantin sekolah pun tak luput dari serbuan semua murid-murid. yang membawa bekal dan catering tadi, hanya untuk membeli snack ataupun pernak-pernik mainan. Dasar anak-anak, dimanapun terlihat sama senang dengan yang terlihat unik dan menarik hatinya


Salam
Ira Mulya
Sumber Gambar: Gaya Tempo.co


#ODOP
#Day 5
#Estrilook Community.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Film-film yang Tunda Tayang di Tahun 2020

          Tahun 2020 adalah tahun yang sangat kelam. Dimana, wabah virus Corona tengah melanda seluruh belahan bumi. Meruntuhkan segala ben...