Kamis, 19 September 2019

Kelebihan dan Kekurangan Belanja Online


Zaman sekarang semakin banyak orang-orang yang cukup antusias berbelanja di online shop, dengan berbagai kemudahan dan kelebihannya. Namun ada pula berbagai kekurangan dan kerugiaannya. Apalagi bagi mereka yang memiliki waktu luang dan memilki hobi shoping di mall, kemungkinan lebih memilih langsung pergi kesana sekalian hang out, daripada belanja di online yang belum pasti pesananannya sesuai yang diharapkan. Dukungan dari penetrasi dunia internet yang cukup tinggi di indonesia, membuat mereka yang selalu lapar mata dan hobi berbelanjapun semakin aware saja belanja di online. Iklan yang kian marak dan menggiurkan tentu akan ditampilkan para e-commerce, yang semakin membius para penggila belanja.

Namun tidak semua orang akan tergiur pula dengan sarana belanja online yang cukup menarik hati peminatnya .Bagi mereka yang memiliki kesibukan, belanja di online adalah salah satu alternatif dikala tak memiliki waktu untuk pergi ke toko. Selain kemudahan untuk bertransaksi, juga memudahkan dalam memilih barang-barang yang akan dicari. Tinggal sekali ketik, barang-barang yang ditemukan akan  muncul dilayar ponsel anda. Namun bagi sebagian yang lain, belanja online adalah hal yang tak perlu. Bilamana perlu sesuatupun tinggal pergi saja ke toko, beres!

Kelebihan Belanja di Online

* Mudah Bertransaksi

Mudah cara bertransaksi, cukup menggunakan smartphone semua sudah bisa didapatkan. Dari mulai memesan barang hingga melakukan pembayaran semua bisa di akses melalui smartphone anda. Tidak perlu keluar rumah dan mengantre. Tinggal menunggu beberapa menit saja pesanan sudah dikirim.

* Membeli Kapan Saja

Terkadang kita tidak berniat untuk berbelanja, tetapi tiba-tiba ingat sesuatu yang diperlukan, belanja online-lah solusi cepat untuk mempercepat membeli keperluan dadakan. Kita bisa kapan saja dan dimana saja selagi smartphone selalu ada dalam genggaman kita.

* Mudah Cek Harga.

Jualan online yang kian tersebar di dunia internet banyak menawarkan jenis barang lengkap dengan harga yang sudah tercantum. Kita masih bisa membandingkan harga-harga tersebut dari situs jual online yang satu dengan situs jual online lainnya. Artinya bilamana ada perbedaan harga-harga kita sudah bisa tahu sebelumnya.

* Pilihan yang Banyak

Pilihan yang ditawarkan cukup banyak dan bervariatif. Jadi, bisa kita sesuaikan dengan gaya hidup kita dan tentunya disesuaikan dengan isi dompet kita. Seandainya barang yang kita pilih tidak sesuai harganya karena mahal, kita bisa mencari barang yang sama dengan harga yang murah mungkin, walaupun sudah pasti ada perbedaan kualitas.

Kekurangan Belanja Online

* Barang Tak Sesuai Pesanan

Kadangkala ini sering terjadi, begitu juga terjadi kepada saya. Suatu hari saya memesan baju dan sudah deal semuanya, bahkan saya sudah transfer uang. Begitu barang datang saya kecewa berat, ternyata apa yang saya lihat di iklannya tak sesuai ketika barang itu datang. Padahal harga sesuai yang tertera. Ternyata bahan atau kainnya berbeda sekali dengan yang seperti gambar. Hanya model dan warna sama. Duh, memang ga enak ya? Tapi mau lagi  mau tak mau ya saya terima juga.

* Terjadi Penipuan

Membeli barang online tidak selamanya mulus. Kadangkala terjadi penipuan. Barang yang dipesan dan sudah dibayar, tidak dikirim oleh toko onlinenya. Setelah di cek lagi website sudah tidak bisa dilacak.

* Tidak Bisa Mencoba

Sudah bisa dipastikan membeli barang secara online, memang tidak bisa kita coba. Tentu kita hanya bisa memesan sesuai apa yang kita inginkan menurut kondisi kita. Baik ukurannya ataupun seleranya. Saat barang itu datang dan tak sesuai ukurannya, barang sudah tidak dapat lagi dikembalikan.

* Ongkos Kirim

Membeli barang online tentunya ada ongkos kirim, dan ini adalah salah satu kekurangannya, karena barang yang dibeli akan bertambah harganya.

Nah, dears, itulah kelebihan dan kekurangan membeli secara online. Semoga menjadi bahan pertimbangan untuk keinginan berbelanja Anda.

Salam
Ira Mulya
Gambar: Suara.com


#ODOP
#Day19
#EstrilookCommunity









1 komentar:

  1. Numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    BalasHapus

Film-film yang Tunda Tayang di Tahun 2020

          Tahun 2020 adalah tahun yang sangat kelam. Dimana, wabah virus Corona tengah melanda seluruh belahan bumi. Meruntuhkan segala ben...