Minggu, 08 September 2019

Bagaimana Cara Meningkatkan Minat Baca di Era Digital


Membaca adalah hal yang mengasyikkan. Seseorang yang memiliki hobi membaca tentu agak sedikit berbeda ya, di bandingkan dengan orang yang tidak suka membaca. Biasanya, mereka yang selalu membaca cenderung lebih banyak memahami hal apapun. Membaca telah membuatnya banyak menangkap aneka informasi baru yang sedang beredar di luar. Orang yang hobi membaca nggak akan memilih-milih buku apa saja yang harus dibacanya. Jadi, buku apapun akan sangat menarik perhatiannya dan keingintahuannya.

Pernah mendengar istilah, buku adalah jendela dunia? begini kira-kira, di luar jendela itu kita bisa menangkap segala apapun di luar keterbatasan kita. Nah, mirisnya lagi, kita sebagai bangsa indonesia dengan penduduk terbanyak keempat di dunia menyandang predikat menyedihkan soal kebiasaan membaca buku yang sangat minim. Namun bagi orang tua yang ingin anaknya gemar membaca sejak dini, mereka kerap menanamkan kebiasaan itu sejak anaknya balita, agar kebiasaan itu terbawa sampai dewasa.

Bagi sebagian banyak orang membaca adalah pekerjaan yang membosankan dan melelahkan. Kenapa coba? mungkin faktor yang tidak dibiasakan dari kecil atau rasa malas melihat tulisan kecil-kecil dalam buku yang berlembar-lembar halamannya. Padahal bila sudah membaca sedikit saja, misalnya cerita fiksi yang menarik dari awal cerita, tentu akan timbul rasa penasaran tentang cerita selanjutnya. Dengan begitu kemungkinan minat membaca akan sedikit meningkat. Beda dengan membaca buku pelajaran, yang akan sangat tidak menarik minat untuk melanjutkan membacanya walaupun sangat diperlukan untuk sebuah jawaban dari pertanyaan soal-soal pelajaran.


Nah dears, untuk meningkatkan minat baca, tidak ada salahnya untuk membaca buku-buku cerita ringan terlebih dahulu, sebelum membaca buku-buku yang lainnya yang cukup berat dari segi ketebalan buku. Contoh sederhananya begini, sebetulnya membaca surat kabar harian saja sudah banyak ilmu yang akan didapatkan. Tulisan-tulisan di surat kabar itu adalah yang terlengkap. Berita- berita yang aktual dan menarik, baik di dalam negeri dan mancanegara dan dari berita politik, sosial, budaya, olah raga, hiburan dan lainnya semua sudah tersaji di dalamnya. Tapi, kenapa anak-anak generasi muda sekarang tidak begitu menyukai surat kabar harian yang banyak beredar ya ?

Untuk meningkatkan minat membaca, terutama pada anak-anak, tidak ada salahnya sekali waktu datang ke toko buku terlengkap yang menyediakan banyaknya judul buku terbaru dan terlaris. Belilah buku-buku yang menarik untuk di baca, sesuaikan dengan kategori usianya. Atau kunjungi perpustakaan yang ada di kotamu. Perpustakaan zaman sekarang sudah dirancang sedemikan menariknya guna untuk menarik minat pengunjung yang datang. Dari mulai gedung, penataan ruangan lengkap dengan pendinginnya, kursi-kursi dan meja-meja yang nyaman untuk membaca, serta judul buku yang ribuan jumlahnya. Bahkan tersedia ruang baca khusus untuk anak usia 12 tahun ke bawah, yang dirancang seperti lesehan di lantai yang dilapisi permadani tebal. Bantal-bantal kursi warna-warni, dan rak buku yang penuh dengan buku-bukunya, tentu buku untuk anak-anak di bawah usia 12 tahun ke bawah.



Membaca tentunya tidak harus selalu dari buku atau majalah dan surat kabar. Di zaman digital yang semakin pesat ini, dunia internet sudah menguasai dan merajai semuanya. Kita tinggal mengkliknya, semua sudah tersedia dengan mudah dan cepat. Namun untuk membiasakan membaca sejak dini, buku tetap menjadi pilihan yang sederhana dan yang terbaik, selain menarik dan mudah dibawa kemana-mana, buku dapat di koleksi sendiri.

Nah, dears...itulah sedikit ulasan dari saya tentang meningkatkan minat baca, terutama pada anak-anak khususnya dan pada masyarakat indonesia umumnya. Semoga dengan gemar membaca, tentunya akan mencerdaskan kehidupan bangsa. Semoga bermanfaat.


Salam
Ira Mulya
Sumber Gambar Atas: BukaReview
Sumber Gambar Bawah : Jejak Pena Lish Adnan

#ODOP
#Day 9
#Estrilook Community














1 komentar:

  1. Numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    BalasHapus

Film-film yang Tunda Tayang di Tahun 2020

          Tahun 2020 adalah tahun yang sangat kelam. Dimana, wabah virus Corona tengah melanda seluruh belahan bumi. Meruntuhkan segala ben...