Rabu, 31 Juli 2019

Nikmati Kehidupan Sesuai Pemberian


Bismillah

Hidup memang tidak selalu indah, karena Allah SWT tak pernah menjanjikan bahwa semuanya akan mudah, akan bahagia, dan akan baik-baik saja. Namun jangan pernah menyerah, saat semua itu menimpa kita, hadapilah! karena hidup bukanlah suatu tujuan tapi perjalanan panjang yang harus dijalani walau seberat apapun beban yang harus ditanggung.

Manusia terlahir dengan banyak perbedaan dengan takdir yang berbeda-beda dan itulah kuasa Allah SWT yang tak bisa dibantah, dan ditawar-tawar lagi. Bagi sebagian orang yang kebetulan memiliki hidup yang sulit dengan segala keterbatasan dan kekurangan, jelas perbedaan itu selalu membuat mereka merasa semuanya tak adil. Lantas mengutuk dirinya sendiri atas ketidak-berdayaannya melawan keadaan. Tak jarang ada yang bertanya-tanya mengapa Allah SWT memberikan hidup yang sulit, yang berbeda-beda. Disitulah Allah menguji kesabaran dan ketaqwaan terhadap umatNYA. Sampai dimana batas keimanan seseorang saat berada pada titik itu.

Ada orang yang kehidupannya terlihat sangat sempurna, bergelimang harta, terlahir dengan fisik yang menawan, memiliki jabatan yang tinggi, dihormati, disegani dan semuanya serba mudah didapat. Eit...tunggu dulu! belum tentu, siapa tahu di lubuk hatinya yang paling dalam, mungkin saja terselip rasa tak bahagia, rasa tak nyaman dan mungkin juga ada rasa kesepian dan sedih. Semua itu relatif!. Bisa jadi, semua yang mereka nikmati belum tentu juga dinikmati dengan kebahagian. Dan sebaliknya apa yang kita nikmati walau dengan kesederhanaan pada akhirnya akan membuat dan menciptakan kebahagiaan yang hakiki.

Kunci dari itu semua adalah bagaimana cara meningkatkan nilai ketaqwaan terhadap Sang Khalik. Menerima apapun yang telah digariskan, sabar saat terpuruk dan bersyukur ketika diberi nikmat dan kebahagiaan. Jauhkan dengki, hasut dan hasad, karena penyakit hati itulah yang akan membuat diri kita kehilangan keimanan terhadap Allah SWT semesta alam. Aamiin ya rabbal allamin...


Salam
Ira Mulya
Gambar By Pixabay


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Film-film yang Tunda Tayang di Tahun 2020

          Tahun 2020 adalah tahun yang sangat kelam. Dimana, wabah virus Corona tengah melanda seluruh belahan bumi. Meruntuhkan segala ben...