Selasa, 02 April 2019

Enam Langkah Mudah Membersihkan Rumah Dengan Cepat

Pixabay

Hai bunda-bunda rajin dan baik hati, tentunya kerjaan kita numpuk terus ya, dan ngak ada habisnya, tanpa asisten rumah tangga pula, mau ngak mau harus kita kerjakan juga. Belum lagi dikejar-kejar ide tulisan yang ingin segera dituntaskan, karena keburu hilang lagi dari pikiran. Sementara tugas rutin kita sebagai nyonya rumah, Ciee... terus terang, padat banget!  apalagi kalau bunda yang sibuk bekerja di luar rumah juga, wah... kebayang deh bagaimana riweuh nya ngurus ini itu di rumah dan tumpukan tugas di kantor.

Rumah bukan hanya sekadar tempat pulang ketika kita bepergian saja lho, tapi tempat tinggal paling aman dan nyaman tempat kita bernaung dan bercengkrama beserta keluarga yang amat dicintai. Lalu, bagaimana agar suasana rumah terus terjaga kebersihan dan kerapiannya? agar selalu enak dipandang dan nyaman untuk ditempati? Ayo simak cara cepat beres-beres rumah di bawah ini, bagaimana agar rumah tetap bersih dan tumpukan tugas lain tetap jalan. Cekidot....


Pixabay

1. Kamar Tidur Utama

Begitu kamu bangun dari tidur semalam, jangan keluar kamar dulu ya, bereskan semua yang ada di kamar tidurmu. Mulai dari merapikan sprei dan bantal-batalnya, melipat selimut, sajadah, sarung, mukena, yang biasanya ada di seputar kamarmu, masukkan ke tempatnya agar tidak tergantung sembarangan. Rapikan semua baju-baju dalam almari, pisahkan sesuai jenisnya. Tata semua pernak-pernik yang ada di meja rias kamu, pastikan agar tidak ada sesuatu yang bukan pada tempatnya. Lap semua debu-debu yang menempel di setiap penjuru kamar, sapu lantai dan sekalian pel dengan alat yang biasanya dipakai. Setelah bersih dan teratur, kamu tinggal pindah ke ruangan lain.

2. Kamar Tidur Anak

Ulangi hal yang sama ketika membersihkan kamar tidur seperti di atas, umumnya anak-anak lebih berantakan ya, mereka akan sangat malas sekali dengan hal ini,. Buku-buku sekolahan berantakan, mainan dimana-mana, jadi bunda harus lebih sabar ya. Oke tinggal dirapikan semuanya, baju-baju dalam lemari, buku-buku simpan di tempatnya, mainan dan juga yang lainnya, ayo bunda semangat! Biar cepat selesai.
Terakhir setelah semua rapi dan tertata, sapu lantainya lalu kemudian pel. Kalau bunda punya lebih dari satu kamar tidur anak, tinggal lakukan hal yang sama ya bun.


Pixabay


3. Ruang Tamu

Ruangan ini adalah yang paling simpel dibanding ruang lainnya. Tinggal bersihkan sofa atau kursi tamu sejenisnya dan bantal-bantal kursinya, lap debu yang ada di meja, kaca jendela, atau di hiasan yang tergantung atau yang di pajang di sudut -sudutnya. Bila ada karpet yang digelar dibawah sofa, siapkan sapu lidi atau vacum cleaner untuk mengangkat kotoran dan debu yang ada di karpet tersebut. Atau bila ada tirai, korden yang tergerai, pastikan untuk memukul-mukulnya dengan sapu lidi atau kemoceng bulu, untuk menghilangkan sarang laba-laba yang biasanya terlihat disana. Jika ruang tamu itu di batas dengan pintu ke ruang lain, tinggal kembali lagi di sapu dan di pel lantainya. Beres tiga ruangan.

4.Ruang Keluarga

Biasanya ini tempat favorit seluruh keluarga, dan agak berantakan pastinya. Tapi jangan worry, bisa diatasi kok!  Ulangi kembali seperti saat membersihkan ruangan lainnya di atas tadi. Hilangkan debu-debu yang menempel di tempat televisi, sofa panjang, lemari serbaguna, hiasan bunga-bunga, lukisan, lalu bereskan dan rapikan semuanya, barang-barang yang berceceran bukan pada tempatnya, tinggal dimasukan ke laci-laci yang ada, hingga tak terlihat barang lain yang ada di rak atau di atas bufet tivi.

5. Dapur Dan Ruang Makan

Tempat ini adalah tempat paling lama untuk bunda beraktivitas. Tapi setelah ruangan lain kelar dibereskan, bunda agaknya bakalan tenang sedikit, walaupun masih ada kerjaan lainnya yang menanti, yakni memasak. Kalau bahan masakan sudah tersedia di kulkas, tentunya sangat memudahkan ya, karena tinggal di eksekusi tuh masakan. Nah, sambil mengolah semua menu yang akan dibuat, bunda bisa sambil  menyalakan mesin cuci, dan segeralah mencuci pakaian kotor. Jadi, ketika mesin cuci beroperasi, biarkan secara otomatis bekerja. Dan ketika memasak berjalan, bunda masih bisa sambil mencuci piring-piring kotor yang bertumpuk di tempat pencucian perabot. Pasti bisa kok, bun. Nah, ketika selesai mencuci piring kotor, cucian baju pun berkurang sedikit, lalu cuci lagi berikutnya sampai cucian habis. Setelah salah satu selesai dikerjakan, tinggal kerjakan yang tersisa. Akhirnya semua beres dalam waktu bersamaan. Mudah bukan?.  Dan cuci lah serta bereskan semua alat-alat dan barang-barang yang ada di dapur sampai bersih dan rapi. Sajikan makanan di meja makan hasil dari olahan bunda tadi. Setelah itu jemur pakaian yang sudah dicuci, sapu halaman rumah sebentar, siram pot-pot bunga yang tersebar di teras rumah lalu pel teras rumah. Beres kan!

6. Kamar Mandi

Kamar mandi adalah hal utama yang harus selalu bersih dan terjaga. Jika bersih kamar mandi seseorang, bisa dipastikan ruangan lain pun akan terjamin kebersihannya, dan itu akan menandakan bahwa dia adalah seorang yang sempurna. Nah setelah kerjaan beres semua, tentunya bunda mandi kan, bisa sambil membersihkan kamar mandinya sekalian lho!. Sikat semua dinding-dindingnya dan lantainya menggunakan pembersih khusus. Kloset nya jangan sampai ketinggalan untuk disikat juga. Simpan peralatan mandi di tempatnya masing-masing, dan pastikan di tempat yang tertutup, agar terjaga kebersihannya dan terhindar dari kuman. Bak mandi dan centong air jangan sampai menguning, sikat dan kuras dua hari sekali, agar tidak tampak jentik-jentik nyamuk bersarang disana. Sekedar info, pemutih pakaian bisa lebih ampuh menghilangkan noda-noda kuning di seluruh bagian kamar mandi, mulai dari bahan plastik, keramik, kloset, tempat-tempat sabun dan lainnya. Bisa bunda coba dan aplikasikan dengan sabut pencuci piring yang terbuat dari serat kawat. Semprotkan atau tuang di bagian yang kuning, diamkan sebentar lalu gosok dengan sabut kawat atau spon  yang sedikit keras dan bilas, pasti hasilnya akan terlihat lho bun, boleh dicoba.

Tada..selesai deh bersih-bersihnya, ayo semangat bunda! jangan sampai malas ya, biar suami dan anak-anak betah di rumah, dan bunda pun nyaman saat beranjak ke peraduan atau bebas menulis atau membaca, atau bermanja-manja sama suami, tanpa hutang kerjaan yang selalu jadi bahan pikiran kalau tertumpuk.

Oke bunda, semoga bermanfaat ya. Salam.


Ira Mulya


#SETIP DAY 26 .
#ESTRILOOK COMMUNITY














Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Film-film yang Tunda Tayang di Tahun 2020

          Tahun 2020 adalah tahun yang sangat kelam. Dimana, wabah virus Corona tengah melanda seluruh belahan bumi. Meruntuhkan segala ben...