Selasa, 12 Februari 2019

Ubud dan fakta-faktanya yang menarik

Lissarazali.blogspot.com

Ubud adalah salah satu destinasi wisata favorit Pulau Dewata yang banyak dikunjungi dan disukai wisatawan mancanegara dan domestik. struktur alamnya yang berbukit, hijau dan asri berada 300 meter diatas permukaan laut. Ketenangan masyarakatnya yang hidup dengan damai, tentram dan penuh tradisi. Yang mengedepankan nilai-nilai religi, dibalut dengan kekuatan seni dan budayanya. membuat para wisatawan terpesona dengan kehidupan disini, dan memilih tempat ini untuk menghabiskan waktu istirahatnya dan liburannya dengan menikmati keindahan alamnya yang indah. Hijaunya pesawahan yang bertingkat-tingkat, hutan-hutan, sungai-sungai dibalik jurang, serta bukit-bukit yang terhampar sangat menawan, hampir mengelilingi wilayah Ubud. Sungguh menjadikan tempat ini semakin memikat, semakin populer ke Mancanegara.

Balipost.com

Tempat ini memang berbeda dengan daerah wisata di Bali lainnya, yang umumnya dikelilingi dengan pantai-pantai yang menakjubkan dan ombak-ombak tinggi dan ganas yang sangat diburu peselancar. Tapi di Ubud bukanlah daerah pantai, karena daerah ini terletak di Bali bagian tengah. Jarak tempuh kira-kira 45 menit dari Kota Denpasar. Sedangkan jika ditempuh dari tempat tinggal saya di daerah Sempidi, Mengwi, Kabupaten Badung, butuh waktu 40 menit melewati jalanan alternatif diluar kota. Ubud termasuk wilayah Kabupaten Gianyar. Curah hujan yang turun terbilang cukup sering, menjadikan Ubud terkenal dengan terasering padinya selain terasering padi Jati Luwih di Kabupaten Tabanan.

Indonesia.tripcanvas.co

Selain itu Ubud merupakan pusat kerajinan tradisional, yaitu seni lukis, seni ukir, seni pahat dan seni budaya, dengan ragam kesenian dan tari-tariannya yang unik. Tak heran kenapa Don Antonio Blanco, pelukis asal Spanyol jatuh cinta dengan tempat ini dan dengan gadis asli Bali hingga menghabiskan sisa hidupnya sampai akhir hayatnya di Ubud. Dan mendirikan museum yang bernama museum Antonio Blanco di daerah Campuhan yang cukup terkenal.

Kabarwaras.com

Banyaknya resort-resort berbintang dan penginapan-penginapan kelas menengah tersebar disini. Menawarkan jenis pertunjukkan seni dan budaya. Aneka tari-tarian, seperti tari barong, tari kecak dan lainnya. Hampir setiap saat menjadi tontonan para wisatawan. Galeri seni, dan art shop-art shop memenuhi setiap sudut wilayah Ubud. Di Kabupaten Gianyar ada dua pasar seni yang sangat populer. Yaitu pasar seni Sukawati dan pasar seni Ubud. Wisatawan tak henti-hentinya mendatangi tempat ini, untuk berbelanja aneka jenis oleh-oleh dan cinderamata khas Bali yang unik.

Cumilebay.com

Ditempat lainnya masih di seputaran Ubud, terdapat sungai-sungai yang menawarkan wisata Rafting atau arung jeram. Anda dapat merasakan sensasi alamnya yang alami dan berwisata dengan menguji adrenalin. Biasanya untuk menikmati wisata ini, ada pemandu yang profesional, yang akan memberikan pengarahannya. Untuk mencoba wisata ini sebaiknya berkelompok, antara enam atau delapan orang dalam satu perahu. Anda akan dibawa menyusuri sungai-sungai deras dan sekali-kali menyelinap diantara bebatuannya. Wah, seru ya! dan patut dicoba.

Infowisatabalilengkap.com

Monkey Forest Ubud adalah salah satu tempat yang wajib anda kunjungi bila anda datang ke Bali. Dari namanya saja kita sudah bisa tahu bahwa disinilah tempatnya ratusan kera-kera yang ekornya panjang. Begitu anda memasuki wilayah ini, akan tampak pohon-pohon yang tinggi menjulang menambah kesan hijau dan sejuk. Didalam hutan lindungnya, karena tempat ini merupakan cagar alam, terdapat pula pura tempat persembahyangan. Jangan lupa, sebelum masuk ke area ini lepaskan aksesoris yang anda kenakan, anting-anting, kalung, kacamata, topi karena bisa jadi ponsel anda pun bisa jadi sasaran kera-kera disana.

Kintamani.id

Disisi lain ada sebuah bukit yang terletak di desa Campuhan, dan namanya bukit Campuhan. Lokasinya tidak jauh dari museum Antonio Blanco. Pemandangan alamnya yang hijau dengan padang ilalang yang terhampar luas di sejauh mata memandang. Untuk mencapai tempat ini, anda perlu treking sejenak, karena jalanan yang naik turun dan berkelok akan sering anda jumpai disini. Setelah sampai di puncak bukitnya, jalanan mulai datar dengan padang ilalang di kiri kanannya. Di lembah kejauhan, disanalah terdapat sungai mengalir. Anda akan berdecak kagum atas ciptaan Tuhan yang menakjubkan.

Kintamani.id

Juga banyak terdapat pura-pura besar tempat persembahyangan, dan pusat kerajaan Bali beserta peninggalan-peninggalannya. Bila tiba hari-hari besar umat Hindu, Pura-pura itu akan tampak ramai, dipenuhi orang-orang yang melaksanakan ritual-ritual keagamaan yang sangat sakral. Sebagai bukti bahwa nilai-nilai agama begitu dijunjung tinggi oleh masyarakat Hindu Bali.

Nah, itulah cerita mengenai Ubud yang menarik. Yang bisa anda jadikan tempat untuk mencari dan menuangkan Inspirasi. Karena ketenangan alamnya yang sangat mendukung, juga untuk menambah wawasan tentang pariwisata di negeri yang kita cintai ini. Ajaklah seluruh keluarga untuk menikmati pesona alam Ubud yang memikat.









Ira Mulya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Film-film yang Tunda Tayang di Tahun 2020

          Tahun 2020 adalah tahun yang sangat kelam. Dimana, wabah virus Corona tengah melanda seluruh belahan bumi. Meruntuhkan segala ben...