Senin, 11 Februari 2019

Bangkit Dari Kegagalan, Inilah tipsnya


Siapa orangnya sih yang tidak ingin gagal?  Tentunya hampir semua orang pernah mengalaminya. Apapun bentuknya kegagalan itu, tidak lulus ujian akhir, tidak lolos tes CPNS, tidak lolos tahap akhir Audisi, gugur seleksi TNI dan lain sebagainya. Tetap saja membuat hati kecewa dan sedih. Namun kegagalan bukan akhir dari segalanya bukan? Masih ada waktu untuk bangkit dan berjuang lagi, karena "Tidak ada yang yang tidak mungkin di dunia ini". Begitulah ungkapan yang sudah tak asing di telinga kita.  Seolah kata-kata itu sebagai penghibur untuk meyakinkan bahwa, apapun bisa terjadi atas izin Allah SWT. Jadi, disaat hati sedang galau atau kecewa karena suatu kegagalan, jangan fesimis ya. Nih, ada beberapa tips agar kita punya semangat lagi untuk melangkah dan meraihnya kembali. Yuk kita intip, tetap simak ya.

1.  Tetap tenang dan dewasa dalam menyikapi semua permasalahan, termasuk kegagalan itu sendiri. Berpikirlah positif bahwa apa yang ingin kita capai, belum tentu bisa kita dapatkan atau kita miliki, sekalipun kerja keras kita sudah maksimal dan memenuhi syarat, toh tidak ada jaminan pasti untuk meraih keberhasilan. Semuanya tergantung nasib baik anda.

2.  Sebelum memulai lagi untuk mewujudkan impian anda yang gagal, baiknya ukurlah kemampuan anda terlebih dahulu, dan pikirkan apa anda sudah yakin mampu mengikuti sebuah kompetisi misalnya? Jangan sampai bidang yang anda tekuni berseberangan dengan kompetisi yang diadakan. Bakat anda cenderung di bidang akting, tapi anda ikut audisi vokal, sudah dipastikan anda akan mengalami kegagalan, karena anda tidak memenuhi syarat dalam penilaian.

3.  Cobalah untuk mengevaluasi kembali dimana letak kesalahan anda. Mungkin ada sisi yang terlewati. Karena manusia tidak luput dari kesalahan, jadi bisa saja itu akan menjadi satu kekurangan, maka baiknya anda pelajari lagi dan menggali potensi diri agar lebih baik dari sebelumnya.

4.  Bertanya atau mencari informasi dari orang yang berpengalaman dan berkompeten dalam bidangnya. Ayo, jangan malu bertanya, siapa tahu hal ini bisa membantu menjadi bahan evaluasi anda. Ajukan beberapa pertanyaan yang sekiranya belum dipahami, dan temukan jawabannya.

5.  Optimis boleh, tapi jangan terlalu Over Confidence, ini adalah salah satu yang akan membuat anda kecewa berat. Keyakinan yang terlalu penuh akan keberhasilan yang anda akan raih dan impikan, tanpa diduga pada akhirnya akan menghempaskan anda kepada kegagalan. Dan itu adalah kejutan yang menyakitkan yang tak bisa anda bayangkan. Itulah takdir!

6.  Gagal jadi pengalaman. Nah, kalimat ini akan menguatkan anda pada awalnya. Tapi , jangan dijadikan patokan akhir dari perjuangan anda sebelumnya. Yang penting dapat pengalaman, gagal ya sudah!  Pasrah banget ya dengernya. Semoga tidak membuat anda menjadi malas berusaha. Ingat, keberhasilan akan diraih bilamana anda belajar dan bekerja keras. Tidak mudah putus asa dan jangan cepat puas, itulah penyakit hati yang harus anda jauhi.

7.  Berdoa adalah hal terpenting dalam langkah anda untuk meraih pencapaian yang anda dambakan. Memohon bantuan Tuhan agar senantiasa diberikan jalan yang terbaik dalam segala hal, diiberikan kelancaran dan kemudahan . Ketika anda meraih kesuksesan ingatlah, selain karena kerja keras anda, tentunya ada campur tangan Tuhan didalamnya. Maka bersyukurlah atas segala yang diberikanNYA.

Nah, itulah tips-tips sederhana yang mungkin bisa anda butuhkan dan terapkan dalam kehidupan anda. Kegagalan jangan membuat anda terpuruk. Berdirilah, kalau perlu berlarilah untuk meraih impian anda. Tataplah masa depan dengan penuh harapan.
Semoga bermanfaat.

Salam,
Ira Mulya




1 komentar:

  1. Kita instropeksi diri dan mengetahui penyebab kegagalan kemudian mencari solusi terbaik untuk bangkit dari kegagalan tersebut

    BalasHapus

Film-film yang Tunda Tayang di Tahun 2020

          Tahun 2020 adalah tahun yang sangat kelam. Dimana, wabah virus Corona tengah melanda seluruh belahan bumi. Meruntuhkan segala ben...