Sabtu, 26 Januari 2019

Pantai-pantai indah di Bali part 2



Hai jumpa lagi dengan saya disini, ayo kita lanjutkan ceritanya tentang pantai di Bali yang pernah saya kunjungi. Sampai dimana kemarin? oh iya, sekarang urutan keenam ya.

6. Pantai Yeh Leh



Lokasi pantai ini tepatnya diantara perbatasan kabupaten Tabanan dan Jembrana. Kalau dari arah Denpasar, sebelah kiri jalan setelah gapura pembatas wilayah. Artinya pantai ini termasuk kedalam wilayah kabupaten Jembrana. Awalnya hanya tempat persinggahan orang-orang yang hendak keluar atau masuk menuju Denpasar. Tapi sekarang seperti obyek wisata yang banyak dikunjungi, jadi bukan hanya sekedar rest area saja. Pantai ini dipenuhi batu-batu yang besar dan kecil yang berlumut. Ketika ombak menghantam terdengar deburannya yang bergemuruh. Sebelum sampai dibibir pantai, hamparan rumput hijau yang bersih dan pepohonan kelapa menambah kesan eksotis. Pengunjung yang tengah rehat sejenak, terlihat merebahkankan dirinya di rumput hijau. Angin menerpa dengan sejuknya. Matahari sore yang cukup terik, menyinari seluruh permukaan laut dan menimbulkan pantulan cahaya yang sangat menyilaukan mata, dan menambah pantai dan daerah sekitarnya terlihat sangat tropis.

7. Tanah Lot



Tanah Lot adalah obyek wisata yang cukup terkenal di Bali. Merupakan Ikon nya pulau dewata. Hampir dari waktu ke waktu selalu ramai didatangi para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Meskipun pada umumnya orang tidak mengatakan ini pantai Tanah lot, tapi karena lokasinya di pantai, saya kategorikan kedalam pantai. Lebih tepatnya dinamakan Pura Tanah lot. Ada  dua pura besar yang berdiri kokoh di dua tempat yang berbeda. Satu diatas bongkahan batu besar, tepat dimulut pantai. Dan dibawah batu besar itu ada goa kecil yang didalamnya terdapat ular laut. Satu lagi diatas tebing yang menjorok ke laut. Pada saat air laut pasang, pura yang diatas permukaan pantai itu akan dikelilingi air laut, sehingga daratan kecil yang menuju ke pura ini terendam air. Terdapat banyak hotel dan penginapan di area ini. Toko-toko penjual aneka oleh-oleh  khas Bali berderet rapi ditepi jalanan masuk menuju pantai. Pedagang asongan juga terlihat banyak menawarkan dagangannya. Menjelang matahari tenggelam, semakin banyak orang yang berdatangan. Hanya untuk melihat dengan mata telanjang, bagaimana matahari itu lenyap dari pandangan. Mereka tidak ingin melewatkan momen-momen yang dinantikan,  yaitu tenggelamnya matahari di ufuk timur, hingga masuk ke singgasananya.

8. Pantai Kuta



Siapa sih yang engga kenal dengan pantai kuta?  pantai yang fenomenal di kalangan wisatawan ini. Tentunya para pelancong tak akan pernah melewatkan untuk singgah di pantai satu ini.  Ketenarannya ke seantero dunia, akan membuat penasaran buat mereka yang belum pernah datang di Bali. Karena Jaraknya yang dekat dari kota Denpasar,  pantai ini sangat mudah ditempuh dan dijangkau. Dan dikunjungi banyak orang.  Pantai berpasir putih ini memiliki ombak yang besar dan memanjang. Inilah tantangan buat peselancar.  Di jam dua belas siang sampai jelang sunset,  turis-turis tampak berjemur setengah telanjang.  Di waktu terik inilah mereka akan keluar dari hotel-hotel tempat mereka menginap untuk berselancar, berjemur atau hanya duduk-duduk saja dibawah payung-payung  didepan pantai.  Mereka benar-benar sangat menikmati pemandangan pantai yang indah dihadapannya.

9. Pantai Nusa Dua



Untuk menuju ke pantai ini,  yang lokasinya ada di daerah Kuta Selatan kabupaten Badung.  Anda dapat melalui jalan tol laut.  Masuk dari gerbang tol Sesetan Denpasar.  Bisa juga melalui jalan by-pass dari arah Sanur langsung menuju by-pass Nusa Dua.  Pantai ini ada di daerah komplek hotel-hotel berbintang.  Begitu anda tiba disana,  anda akan disambut dengan taman-taman dan jalan-jalannya yang sangat indah dan sangat bersih .Tertata dengan sangat rapi dan teratur . Pemandangan yang sangat menakjubkan.  Bagaikan surga dunia. Pantas kawasan ini sering dipercaya untuk acara-acara pertemuan penting Nasional maupun Internasional.  Bahkan rombongan Kerajaan Arab Saudi menyewa beberapa hotel disini.  Ini adalah pantai favorit saya bersama keluarga.  Lokasinya ada dibelakang hotel-hotel. Tempatnya yang nyaman untuk bersantai, berenang dan bebas menggelar tikar diatas rerumputan dipinggiran pantai,  sambil membawa bekal makanan yang sudah disiapkan dan dibawa dari rumah.  Anak-anak bermain ombak dan bermain pasir. Sementara para orang tua, duduk-duduk sambil membuka bekal makanan.  Ada juga yang merebahkan diri sambil menatap langit Bali yang elok.  Bila anda ke Bali,  jangan lewatkan pantai ini ya.

10. Pantai Pandawa



Ini pantai terakhir yang ingin saya ulas disini. Terletak di desa kutuh,  kuta selatan Badung. Belakangan ini Pantai Pandawa merupakan primadona diantara pantai-pantai lainnya.  Tergolong masih baru dan masih hangat-hangatnya jadi perbincangan wisatawan.  Dengan pengunjung yang terus-menerus ramai berdatangan dari pelosok manapun.  Dulunya pantai ini tertutup tebing-tebing curam, terjal dan tinggi. Saat anda memasuki pantai ini, terlihat tebing-tebing dikanan dan kirinya. Sebagian Tebing-tebing yang disebelah kiri,  ada rongga-rongga dalam dan tinggi menjorok kedalam tebing. Didalam rongga-rongga tebing itu terdapat patung-patung besar.  Patung-patung itu adalah tokoh dari pewayangan. Yaitu Lima Pandawa. Jadi pantai ini mempunyai daya tarik tersendiri. Untuk menuju bibir pantai anda akan melalui jalanan menurun. Pasir putihnya yang halus dan air lautnya yang bersih dan jernih membuat anda ingin terjun ke pantai dan berenang.  Banyak pengunjung yang hanya berfoto-foto dan sekedar duduk-duduk santai menikmati panorama pantai pandawa yang unik dan eksotis. Saat anda berada dibawah, anda dapat melihat kembali tebing yang tadi anda lewati dari pantai. Tebing-tebing tinggi yang kokoh berdiri dengan sangat tegak dan perkasa.  Sungguh suatu maha karya yang begitu agung ciptaan Tuhan yang maha besar.

Itulah sebagian dari cerita, perjalanan, dan pengalaman saya selama hampir tiga dasa warsa tinggal di Pulau Bali.  Walaupun masih ada sebagian pantai yang tidak saya ulas semua.  Lain waktu ada cerita selanjutnya tentang tempat-tempat yang indah dan wajib anda kunjungi jika datang ke pulau seribu pura ini.


Iramulya
Foto, dokumen pribadi.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Film-film yang Tunda Tayang di Tahun 2020

          Tahun 2020 adalah tahun yang sangat kelam. Dimana, wabah virus Corona tengah melanda seluruh belahan bumi. Meruntuhkan segala ben...