Rabu, 09 Januari 2019

Mengurangi kebiasan belanja yang tidak perlu

 
   



  Belanja adalah kegiatan sehari-hari yang siapapun pernah melakukannya, belanja diwarung, dipasar, bahkan disuper-market atau di Mall. Yang terakhir ini umumnya banyak disukai, karena faktor tempatnya yang lebih menarik dan nyaman untuk dikunjungi, selain itu Mall menyediakan segala rupa tempat untuk nongkrong seperti cafe, restauran, arena bermain, salon kecantikan, bioskop dan lainnya. Umumnya yang datang kesana berbagai kalangan,  kaum perempuan terutama, tak peduli waktunya habis berjam-jam disana yang penting ada kepuasan batin dan happy tentunya.


       Perempuan akan cepat tertarik dengan apapun yang terlihat bagus, padahal tidak terlalu diperlukan, tapi tetap ingin membelinya! Lucu-lah, keren-lah, up to date-lah! Pokoknya harus dibeli biar engga penasaran dan kepikiran saat sampai dirumah. Dan tentunya untuk tampilan baru lagi. Untuk mengatasi rasa ingin belanja yang tak perlu, mari kita simak beberapa langkah berikut ini dan perlu dicoba untuk menekan penyakit 'lapar mata' yang sering menimpa wanita-wanita pada umumnya, terutama di perkotaan.



1.  Kunjungilah mall-mall saat merasa ada kepentingan, misalnya lagi butuh sesuatu yang harus dibeli, seperti cari kado untuk ulang tahun sahabat atau ada rekan kerja yang baru melahirkan, dan ingat hanya akan membeli yang diperlukan, tidak membeli yang lainnya.

2.  Hindari ajakan teman-teman untuk sekedar jalan-jalan dan hanya melihat-lihat, biasanya dari mata turun kehati, lantas ingin memiliki. Wah... dari sinilah hasrat ingin membeli itu muncul. Jika tujuanmu untuk hang-out bareng teman, nikmatilah hang-outmu tanpa mampir outlet sana, mampir outlet sini, dan akhirnya kecantol barang yang terpajang dan ujung-ujungnya dibeli juga.

 3. Pikirkanlah bahwa kamu sudah punya ini itu yang tidak habis dipakai, baju misalnya, walaupun baru sesekali dipakai, kamu bisa padu padankan lagi dengan baju yang lainnya atau aplikasikan dengan aksesoris tambahan, pasti hasilnya akan terlihat berbeda. Satu langkah ini saja bisa membuat kamu berhemat loh.

4.   Sebelum pergi untuk berbelanja keperluan bulanan yang rutin, tulislah dan kalkulasikan apa yang dibutuhkan dan berapa kira-kira budget yang yang harus dikeluarkan sehingga kamu bisa hemat waktu dengan tidak mencari-cari-cari sesuatu yang dibutuhkan karena dicatat sebelumnya, dan keinginan belanja yang tak dibutuhkan bisa teratasi. Memang belanja itu sangatlah menyenangkan dan membuat kita lupa waktu, terlebih lupa bahwa apa yang telah dibeli sebetulnya hanya akan menambah tumpukan disana-sini, dilemari misalnya, baju yang berjubel semakin lama semakin tidak tertata.

5.   Bawalah uang secukupnya atau simpanlah dulu kartu kredit kamu agar semua bisa diatasi dengan bijaksana, karena uang yang berlebihan yang dibawa, akan semakin membuat kamu tidak bisa menahan keinginan untuk berbelanja, karena kamu akan merasa nyaman dan betah berlama-lama disana dengan uang yang banyak dan bebas sesuka hati untuk menghamburkannya.

Nah....itulah langkah-langkah untuk menekan kebiasaan berbelanja berlebihan, agar kamu lebih bijaksana mengelola kebutuhan sehari-harimu, biasakan untuk menahan hasrat ingin membeli sesuatu tak penting.
Semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Film-film yang Tunda Tayang di Tahun 2020

          Tahun 2020 adalah tahun yang sangat kelam. Dimana, wabah virus Corona tengah melanda seluruh belahan bumi. Meruntuhkan segala ben...