Rabu, 02 Januari 2019

Cara memperkenalkan buku pada buah hati anda sejak dini

               

     Memiliki anak sehat dan pintar adalah dambaan setiap orang tua mapun didunia ini.
Sebagai orang tua tentunya punya tips-tips sendiri dalam hal mendidiknya, karena anak adalah amanah dan karunia terbesar dalam setiap pasangan suami istri.
Ada beberapa tips untuk memperkenalkan buku bacaan kepada buah hati anda agar kelak
si anak akan gemar membaca.

1.  Pilihkan buku bacaan sesuai usia anak anda, ada banyak buku bacaan yang ringan atau hanya gambarnya saja, bahkan ada buku bantal khusus buat anak usia dibawah dua tahun.

2.  Biarkan dia mulai bermain bersama bukunya, jangan takut berantakan ya bunda, biarkan dia bebas sesuka hatinya, tangan mungilnya akan meraih benda yang ada dihadapannya. Warna - warni atau gambar- gambar yang terlihat akan sangat menarik perhatiannya.

3.  Sekali-kali temani anak anda atau dudukkan dipangkuan bunda ,dan bimbinglah tangannya untuk menunjukkan setiap bacaan atau gambar tersebut, mulailah bunda bercerita dengan kata-kata yang lucu dan mudah dipahami, selipkan intonasi berlainan sesuai karakter disetiap dialog ringan yang tertera dalam buku.

4.  Jauhkan gadget dari tempat anak anda saat dia bermain bersama bukunya, kalau bisa abaikan panggilan telpon untuk sementara, jangan sampai si anak lebih tertarik dengan gadget bunda dibandingkan buku didepannya.Usahakan bunda tidak dalam kondisi sedang stres, atau dalam keadaan emosi yang tidak stabil, kondisi tersebut akan berdampak juga pada anak, dia akan ikut-ikutan rewel dan enggan lagi bermain.

  Buku tetaplah benda sederhana yang tak akan pernah terganti, sekalipun di era teknologi yang kian canggih ini,keberadaannya tetap masih dirindukan karena buku merupakan jendela dunia yang akan membuka mata dan pikiran kita kian luas.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Film-film yang Tunda Tayang di Tahun 2020

          Tahun 2020 adalah tahun yang sangat kelam. Dimana, wabah virus Corona tengah melanda seluruh belahan bumi. Meruntuhkan segala ben...