Senin, 23 September 2019

Menghindari Konflik Rumah Tangga, Ini Tips-nya



Komunikasi adalah bagian terpenting bagi sebuah hubungan suami istri. Banyaknya pasangan yang kandas akibat dari kurangnya komunikasi dalam membina bahtera rumah tangga, adalah kesalahan sepele namun terkadang sulit untuk dikembalikan kepada kondisi semula. Apalagi jika semua itu dibiarkan tanpa mediasi, kemungkinan akan lebih parah keadaannya.

Memutuskan mengarungi hidup bersama dalam biduk perkawinan adalah sebuah komitmen dasar yang datang dari kedua belah pihak. Sudah tentu kedua pihak itu sendiri yang akan menjalani hidup selanjutnya dengan membentuk sebuah keluarga baru. Tidak mungkin akan terjadi suatu ikatan serius jika hanya datang dari satu pihak saja. Kecuali saat kita hidup pada zaman silam, yang mana pernikahan bisa saja terjadi karena sebuah kesepakatan kedua orang tua dalam menjalin ikatan kekeluargaan atau kekerabatan agar tidak terputus. Umumnya pada zaman itu, seorang gadis atau seorang pemuda akan menuruti apa kata orang tua mereka. Yang penting kedua orang tua bahagia. Cukup! Itulah bukti dan bakti seorang anak terhadap orang tuanya. Tak ada alasan untuk menolaknya, apa kata orang tua mereka itulah yang terbaik. Walaupun awalnya orang tua ikut andil dalam hubungan perkawinan, namun konflik tetaplah konflik! Zaman sudah bergeser pun tidak ada yang dapat mencegah sesuatu yang terjadi dalam rumah tangga.

Nah teman, disini saya ingin berbagi tips-tips menghindari konflik dalam hubungan suami istri. Yuk kita simak.

* Mendengar

Kunci keberhasilan komunikasi adalah mendengar. Mendengar juga berarti menerima pasangan apa adanya melalui perasaan dan pikiran yang diungkapkannya. Biarkanlah pasangan anda untuk mengungkapkan keluh kesahnya terlebih dahulu, jadilah pendengar yang baik sehingga pasangan merasa sangat dihargai saat membicarakan dan mengeluhkan segala sesuatunya.

* Berbicara

Tidak semua pesan memang terungkap melalui kata-kata. Biasanya pesan bahkan lebih banyak disampaikan dengan ekspresi wajah. Namun bagaimanapun tetap harus ada kata-kata yang keluar dari mulut kita untuk sebuah kejelasan. Bicaralah dengan tenang tanpa tekanan dengan hati yang jernih. Jelaskan tanpa berbelit-belit dengan yang sebenar-benarnya.

* Jujur

Kejujuran adalah hal utama saat anda membicarakan suatu permasalahan dengan pasangan. Bilamana ada satu kebohongan yang ditutupi, percayalah masalah tidak akan cepat selesai. Satu kebohongan akan menutupi kebohongan lainnya dan inilah yang akan membuat masalah kian menumpuk, karena bagaimanapun suatu saat akan terungkap kebenarannya, bukan mustahil masalah lama akan muncul kembali ke permukaan.

* Kejutan

Memberikan perhatian berupa kejutan-kejutan kecil, akan membuat pasangan merasa diistimewakan. Sekali waktu ajaklah pasangan anda ke tempat-tempat romantis dan berikan kejutan yang akan membuat pasangan anda tidak akan pernah bisa melupakannya. Tidak perlu sesuatu yang wah, hal-hal kecil pun bagi seorang wanita merupakan kado indah yang akan membuatnya bahagia.

* Mesra

Kemesraan adalah sesuatu tindakan yang tercipta dari kedua belah pihak, namun menuntut komitmen kita, untuk terus menerus menciptakannya. Kemesraan akan menimbulkan kehangatan dan keakraban dalam hubungan suami istri, dan kemesraan bukan hanya milik orang-orang muda, justru semakin tua, kemesraan harus semakin berkobar.

* Memaafkan

Hal yang satu ini tidak semua orang dapat melakukannya. Butuh jiwa besar untuk memaafkan seseorang yang telah menorehkan luka dalam batin kita, terutama pasangan kita sendiri. Luka memiliki kadar yang berbeda-beda, sekalipun kita sudah memaafkannya tentu sisa-sisa luka itu akan sulit disembuhkan, terkadang memiliki akar yang dalam hingga memenuhi setiap rongga dalam benak kita. Namun sampai kapan kita harus menyimpan semua rasa itu? Sudah tutuplah semua sisa luka yang ada, biarkan tertimbun selamanya dalam hati dan tak perlu lagi mengingatnya.

Itulah tips-tips untuk menghangatkan hubungan suami istri agar lebih terjaga keutuhannya.
Sebenarnya masih ada beberapa tips lainnya, lain waktu saya paparkan kembali ya, teman. Sekian semoga bermanfaat.

Salam
Ira Mulya
Gambar: Islamedia.id


#ODOP
#Day 23
#Estrilook Community















1 komentar:

  1. Numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    BalasHapus

Film-film yang Tunda Tayang di Tahun 2020

          Tahun 2020 adalah tahun yang sangat kelam. Dimana, wabah virus Corona tengah melanda seluruh belahan bumi. Meruntuhkan segala ben...