Senin, 08 Juli 2019

5 Kegiatan Ramadhan Zaman Dulu Ini, Tak Akan Pernah Ditemui Anak-anak Zaman Now


Seru-Beureum


Setiap bulan ramadhan tiba, siapa sih yang tidak suka dengan kedatangannya?
Pasti semua orang bersuka cita menyambutnya, terutama anak-anak dan remajanya lho guys!
Namun karena pergeseran zaman, tentunya banyak pula perbedaan yang tampak. Tradisi yang mulai luntur sepertinya sudah tidak akan pernah dirasakan oleh anak-anak keturunan kita yang akan datang. Miris ya. Yuk kita simak kegiatan apa saja yag dulu pernah kita temui saat ramadhan.

1. Ngabuburit

PosBunda


Ngabuburit zaman sekarang tentunya sudah banyak perbedaan dengan zaman dulu. Anak- anak zaman now cenderung aktif dengan dunia gadgetnya. Ngabuburit zaman dulu biasanya diisi dengan aneka permainan dan kegiatan yang bersifat tradisional, seperti main congklak, bola bekel, mainan petak umpet, yang tak pernah lepas dari anak-anak saat menanti adzan maghrib tiba. Permainan monopoli, ular tangga, halma, ludo juga tak kalah serunya lho. Terkadang juga rame-rame pergi ke taman bacaan untuk meminjam buku cerita lalu membacanya bersamaan, satu hal yang tidak bisa didapatkan oleh anak-anak zaman sekarang.

2. Ceramah Di Masjid

sindobatam.com


Hayo siapa yang pernah menerima tugas agama islam dari sekolahan? Tugasnya yaitu harus mencatat isi atau tema dari sebuah ceramah dari seorang penceramah atau zaman sekarang disebut kajian. Nah, kita harus mereview lalu menulisnya dalam buku mengenai apa yang disampaikan sang ustad dan mendapat tanda tangan dari ustad diakhir kajiannya. Kemudian setelah sebulan penuh tugas itu selesai, dan setelah lebaran kembali ke sekolah tugas itu diserahkan ke guru agama. Sepertinya anak-anak sekarang tidak akan menemui momen-momen tersebut, karena  perubahan zaman.

3. Jalan-jalan Subuh

arahkita.com


Setelah santap sahur selesai, anak-anak remaja langsung meluncur ke masjid dan melaksanakan sholat subuh berjamaah di sana. Pulangnya biasanya nggak langsung pulang ke rumah, melainkan jalan-jalan keliling kampung sambil memukul-mukul bedug yang di arak-arak penuh suka cita. Anak-anak era 70 sampai 90an pastinya pernah merasakan kegiatan seperti ini.

4. Sholat Tarawih Dan Main Petak Umpet

Boombastis.com


Kegiatan ini tentunya yang selalu dinanti-nantikan anak remaja dulu. Selepas sholat tarawih yang amat berkesan, permainan petak umpet hingga malam hari emang yang paling seru banget! terkadang hingga lupa waktu, hampir setiap pelosok kampung dijelajahi untuk dijadikan tempat persembunyian. Celah-celah sempit di setiap sudut rumah-rumah tetangga ditelusuri untuk mencari musuh yang sedang bersembunyi, kalau sudah terjebak dan ketahuan sungguh serunya permainan ini.

5. Mengumpulkan Makanan Untuk Berbuka

Inovasee


Pagi-pagi ikut ke pasar bersama ibu adalah hal yang sangat menyenangkan. Kenapa coba? karena bisa sepuasnya ikut belanja buat persiapan buka puasa. Apapun yang terlihat di pasar rasanya sangat menarik untuk dibeli terutama makanan. Makanan-makanan itu biasanya dikumpulkan hingga banyak macamnya, tapi setelah adzan maghrib berkumandang dan waktu berbuka tiba, makanan yang terkumpul sejak siang hari malah tidak termakan semuanya hihihi...dasar anak-anak zaman dulu ya!

Nah, anak-anak zaman now mungkin tidak akan pernah melihat bahkan merasakan indahnya menikmati segala macam kegiatan dan permainan saat ramadhan zaman dulu. Karena zaman telah mengikisnya hingga tak tersisa lagi.



Salam, Denpasar 7 Juli 2019
Ira Mulya







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Film-film yang Tunda Tayang di Tahun 2020

          Tahun 2020 adalah tahun yang sangat kelam. Dimana, wabah virus Corona tengah melanda seluruh belahan bumi. Meruntuhkan segala ben...