Selasa, 23 April 2019

Lawan Rasa Malas Dan Lakukan Hal Ini

Pixabay


Malas adalah sifat umum yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Melanda kepada siapa saja tak kenal waktu dan tempat. Baik laki-laki, perempuan, anak-anak maupun orang dewasa. Faktor penyebabnya tentu saja berbeda-beda, tergantung dari kebiasaan atau latar belakang kehidupan masing-masing.

Rasa malas bisa jadi akan mendarah daging, kalau tidak segera diperbaiki. Dan akan menghambat kinerja kita. Malas yang melanda anak-anak akan lebih mudah untuk diatasi, tinggal dilatih dan diarahkan sejak dini. Sedangkan untuk orang dewasa kemungkinan akan sulit kalau tidak punya inisiatif dari dalam diri sendiri untuk merubah kebiasaannya bermalas-malasan.
Nah teman, ini ada tips melawan rasa malas menurut versi saya, yuk cekidot.

NIAT.

Apapun kalau sudah diawali dengan niat insya allah bakal ada hasilnya, yang penting konsisten dengan apa yang sudah diniatkan dengan sangat bersungguh-sungguh. Nah, lawan malasmu dengan niat agar segala sesuatunya bisa kamu atasi dan selesai sesuai yang diinginkan. Bila rasa malas itu datang lagi dan memberatkan langkahmu, ingatlah dengan niat yang sudah kamu buat, bergegaslah lalu laksanakan.


TERLALU KENYANG

Makan yang berlebihan adalah salah satu faktor penyebab rasa malas. Jadi, makanlah dulu secukupnya jika banyak yang harus kamu kerjakan, agar badanmu ringan untuk bergerak. Dalam keadaan perut yang terisi penuh, tentu akan menghambat gerak tubuh kita. Membawa badan sendiri rasanya sulit, karena kekenyangan. Selesai makan coba relax sejenak, sambil minum air putih dengan potongan lemon yang segar, dengan begitu kamu akan merasa bugar kembali.


JAUHI TEMPAT TIDUR

Menghindari kamar tidur adalah penting untuk menunda rasa malasmu, karena godaan ingin tidur setelah perut kenyang itu lebih kuat lho. Dan kamu tentu lebih menginginkan berleha-leha sejenak di tempat tidurmu, akhirnya benar-benar ketiduran, dan sudah pasti aktivitasmu yang sudah kamu rencanakan menjadi terhambat.


JAUHI GADGET

Benda satu ini memang salah satu yang tidak pernah jauh dari kita. Sebisa mungkin simpanlah sementara selagi kamu banyak tugas rumah yang harus diselesaikan sesuai rencana. Jika terus ada dalam genggamanmu, percayalah akan membuatmu malas untuk beranjak dari tempat dudukmu, dan pastinya mata akan tertuju pada benda itu. Yuk, simpan dulu gadgetnya biar tugasmu tuntas.


GALAU

Pikiran yang lagi mumet kadang mendorong rasa malas semakin parah, karena merasa tidak ada yang lebih baik selain berdiam diri memikirkan rasa galau. Nah, itu salah! Coba renungkan secara dewasa apa yang menjadi permasalahannya, lalu carikan jalan keluar hingga selesai agar kamu bisa mengerjakan semua aktivitasmu dengan gairah tanpa beban dihatimu.


BUAT RENCANA

Banyak kerjaan yang harus dituntaskan dari hari ke harinya. Yang kadang membuatmu bingung, apa  yang harus kamu kerjakan lebih dulu. Biar ngak bingung-bingung buatlah rencana, lalu susunlah apa saja tugas rutin yang harus setiap harinya dikerjakan dalam satu minggu di setiap bulannya.Tulis dalam buku agendamu dan cobalah untuk diterapkan dan dipraktekkan dengan syarat harus konsisten.


JANGAN PERNAH MENUNDA

Jangan pernah merasa waktumu banyak dalam seharinya, ini yang akan membuat kamu banyak menunda pekerjaan, akhirnya pekerjaan akan lama diselesaikan dan tertumpuk karena kamu jeda waktunya. Kerjakan satu demi satu dengan cepat sampai selesai, dengan demikian kamu akan merasakan dan menikmati waktu yang agak lama tanpa beban kerjaan lagi, karena sudah kamu tuntaskan semuanya. Baiknya, coba berpikirlah bahwa kamu memiliki waktu yang sempit agar kamu tidak menunda pekerjaanmu, tapi jangan juga terlalu tergesa-gesa dalam mengerjakan semua tugas rutinmu, untuk menjaga agar terhindar dari sesuatu yang tidak diinginkan.

Nah teman, itulah tips-tips agar kamu bisa mengatasi sifat  malasmu yang ingin kamu hilangkan dari dirimu. Semoga bermanfaat dan bisa kamu Implementasikan buat diri sendiri atau buat keluargamu. Selamat mencoba.


Ira mulya


#SETIP DAY 35
#ESTRILOOK COMMUNITY









1 komentar:

  1. bingung pulang kerja tidak tahu mau mengerjakan apa
    ayo di tunggu apa lagi segera bergabung dengan kami
    di i/o/n/n/q/q kami tunggu lo ^^

    BalasHapus

Film-film yang Tunda Tayang di Tahun 2020

          Tahun 2020 adalah tahun yang sangat kelam. Dimana, wabah virus Corona tengah melanda seluruh belahan bumi. Meruntuhkan segala ben...