Kamis, 28 Maret 2019

Olahan Ikan Mujair Bumbu Saus Tiram


Dok.Pri


Ikan mujair merupakan sejenis ikan air tawar yang sering kita jumpai dan bisa dikonsumsi. Ikan ini termasuk ikan yang banyak duri nya, hampir di seluruh bagian badannya yang pipih, yang berwarna abu-abu atau hitam bercorak kecoklatan. Siripnya yang keras memiliki duri yang paling tajam, selain duri-duri lunak di bagian dalam badannya. Hati-hati ya bunda, kalau sedang membersihkan ikan ini jangan sampai menusuk tangan, karena akan menimbulkan luka yang sangat perih lho!.

Saat sedang bingung dengan pilihan menu masakan sehari-hari, antara menu olahan ayam, daging, ikan laut dan lainnya, yang kadang membuat bosan ya, akhirnya saya teringat olahan ikan mujair buatan nenek yang dulu sering saya jumpai saat masih gadis. Karena sudah terlalu lama dan lupa dengan resepnya, saya pun menambahkan dengan bumbu lain yang tersedia di rumah. Memang setelah menjadi ibu rumah tangga, saya hampir tak pernah mengolah masakan jenis ini, karena anak-anak saya tidak begitu doyan dengan ikan mujair, banyak duri katanya!

Nah, bunda-bunda kece, di sini saya ingin membuat olahan ikan mujair dengan bumbu-bumbu yang mudah dijumpai. Ayo kita mulai.

TAHAP I

* Bersihkan beberapa ikan mujair sampai ke bagian dalam badannya ( 5 buah ikan ukuran sedang) dengan cara dibuang isi perutnya dan  sebagian isi kepalanya, cuci dengan bersih di air kran yang mengalir. Tiriskan.

* Potong-potong sesuai selera, bumbui dengan bawang putih yang dihaluskan dan garam, diamkan sebentar agar bumbu meresap. Lalu goreng dengan minyak panas hingga kecoklatan, jangan terlalu kering ya bun, karena daging ikan nya akan menipis dan tulang-tulangnya akan terlihat menonjol tak berdaging.

TAHAP 2

Siapkan bumbu-bumbu seperti

* Bawang Merah 7 siung
* Bawang Putih 5 siung
* Cabe Besar 4 buah
* Cabe Hijau besar 3 buah
* Cabe rawit secukupnya
* Daun jeruk 3 lembar
* Serai 1 batang memarkan
* Tomat 1 buah

Iris semua bumbu kecuali serai dan daun jeruk. Tumis dengan 3 sendok makan minyak sayur hingga setengah matang, masukkan ikan mujair ke dalam bumbu dan beri dua gelas air matang biarkan hingga air menyusut. Terakhir tambahkan saus tiram, merica, garam, gula pasir dan penyedap rasa (bila perlu) secukupnya, biarkan sampai bumbu meresap dan matang. Angkat dan sajikan.

Itulah olahan ikan mujair dengan resep sederhana pilihan sendiri.

#SETIP DAY 24
#ESTRILOOK COMMUNITY


Ira Mulya







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Film-film yang Tunda Tayang di Tahun 2020

          Tahun 2020 adalah tahun yang sangat kelam. Dimana, wabah virus Corona tengah melanda seluruh belahan bumi. Meruntuhkan segala ben...