Selasa, 19 Februari 2019

Bubur Manado Solusi Sederhana Mengatasi Anak Yang Tak Gemar Sayur


sharp_indonesia.com

Setiap anak tentunya punya perbedaan dalam tumbuh kembangnya masing-masing, tergantung lingkungan dan pola mengasuh orang tua dalam mendidik dan membesarkannya. Masalah yang sering timbul pada setiap orang tua, terutama bunda adalah saat menghadapi buah hatinya yang kebetulan tidak suka makan sayuran. Ada beberapa jenis sayuran yang  kadang  tidak disukai si anak, contohnya sayuran berwarna hijau, padahal hampir semua sayuran mengandung banyak manfaatnya. Tapi bunda tidak telaten untuk mengenalkan sayuran kepada buah hati anda sejak kecil.  Nah bunda,  jadi harus lebih kreatif lagi  ya, terutama saat  mengolah menu sayuran untuk  buah hati bunda.

Disini saya ingin berbagi tips dan pengalaman yang pernah saya alami beberapa waktu yang lalu, ketika anak-anak saya melewati usia balita, ketiga anak saya tidak suka dengan sayuran. Akhirnya saya mencoba salah satu alternatif agar anak saya dapat mengkonsumsi sayuran. Terpikirlah oleh saya tentang 'Bubur Manado' makanan khas masyarakat Minahasa yang banyak memakai sayuran sebagai bahannya. Setelah saya coba dan saya suapi anak saya, pastinya tanpa sambal dan ikan asinnya loh bunda, eh....tak terduga, ternyata habis juga buburnya. Mungkin karena penampilannya tidak seperti sayur pada umumnya, yang banyak kuahnya sedangkan bubur Manado tidak mengandung banyak air. Singkat kata waktupun berlalu, anak-anak sudah besar dan sudah tidak susah lagi makan sayur.  Dan agenda buat Bubur Manado pun menjadi agenda rutin bagi keluarga saya sampai sekarang. Yuk kita lihat cara membuatnya, gampang ko bunda.

Bahan Bubur

*  200 gram beras,  cuci bersih lalu tiriskan
*. Air kaldu daging atau ayam, boleh air biasa kalau tidak tersedia.
*  Beberapa jenis sayuran. Bayam, kacang panjang, kangkung, jagung, labu kuning.
    Atau sayuran  lainnya sesuai selera
*. Daun kemangi
*. Dua batang serai memarkan
 
Pelengkap

*. Cabai rawit merah
*. Tomat
*. Terasi bakar
*. Ikan Asin ( sesuai selera)

Didihkan air kaldu lalu masukkan beras yang sudah dicuci tadi. Sekali-kali aduk sampai menjadi bubur. Gunakan api sedang agar bubur tidak cepat gosong dipanci. Setelah terlihat seperti bubur, masukkan terlebih dahulu jagung yang  sudah dipipil atau diserut, labu kuning dan dua batang serai. Sambil terus diaduk, Lalu menyusul  kacang panjang, kemudian  masukkan lagi sisa sayuran lainnya yang sudah disiangi. Terakhir masukkan daun kemangi. Setelah tercampur semua dan menyatu,  matikan kompor.

Untuk bahan sambalnya rebus cabai rawit dan tomat lalu ulek, tambahkan terasi yang sudah dibakar. Jadilah sambal , jangan lupa tambahkan ikan asin apa saja yang sudah digoreng sebagai pelengkap. Bubur Manado siap disantap selagi panas dengan sambal dan ikan asin.

Gimana mudah bukan? Ayo tinggal dicoba buat anak-anak anda yang tidak mau makan sayur, semoga cara sederhana ini dapat membantu.

Ira Mulya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Film-film yang Tunda Tayang di Tahun 2020

          Tahun 2020 adalah tahun yang sangat kelam. Dimana, wabah virus Corona tengah melanda seluruh belahan bumi. Meruntuhkan segala ben...